Description

Desa Sutera di KKU Gunakan Lonceng dan Kentongan Pengingat Keamanan. Kapolda: Jadikan Siskamling Ini Percontohan

Kapolda Kalbar saat meninjau Siskamling di Desa Sutera Kayong Utara yang masih menggunakan pola keamanan lingkungan konvesional. Foto: ist

Kayong Utara, BerkatnewsTV. Kamis pagi itu matahari mulai meninggi. Anak-anak belia berjejer berbaris di pinggiran ruas jalan utama. Ada wanita dan laki-laki.

Teriknya matahari membakar kulit, tak diindahkan oleh murid-murid sebuah sekolah menengah pertama (SMP) di sebuah desa itu.

Desa Sutera Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara, itulah nama tempatnya. Rela menunggu dari sejak pagi jelang siang ratusan murid SMP menyambut hangat kedatangan Kepala Polda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono beserta rombongan.

Semringah. Antusias. Itulah yang terlihat dari murid SMP. Senyum lebar merekah dari mimik muka calon generasi bangsa itu.

“Assalaamualaikum,” ucap Kapolda menyapa ratusan murid SMP di sana. “Walaikumsalam,” ucap ratusan murid SMP serempak menjawab dengan penuh semangat.

Setelah berbincang dengan ratusan murid SMP, langkah kaki Kapolda meninjau Pos Kamling dan Siskamling berbincang dengan perangkat RT dan ronda malam.

“Dirbinmas harus menjadikan Poskamling dan sistemnya di RT 22 Desa Sutera ini sebagai Siskamling percontohan, sebagai pengingat keamanan lingkungan cara konvensional masih mereka terapkan dengan adanya lonceng dan kentongan, tapi mereka kekinian juga dapat berkomunikasi melalui handphone dengan petugas dan aparat kepolisian setempat” tutur Kapolda.

Menurut Kapolda kunci keamanan lingkungan sebetulnya berasal dari warga yang memiliki rasa keperdulian. Sebab, jika masyarakat menenukan hal mencurigakan, dengan sigap memberitahu pihak kepolisian.

“Dalam hal ini peranan anggota Bhabinkamtibmas juga pendorong. Marilah sama-sama menjaga. Kalau lingkungan ini aman tenteram akan banyak investor datang ke desa,” ujar Kapolda. (Kaur Lipprodok Humas Polda Kalbar AKP Cucu Safiyudin)