Terminal bus di Kota Putusibau yang kondisinya kumuh. Termasuk terminal milik Dishub Kalbar yang tidak berfungsi

Kapuas Hulu, BerkatnewsTV. Kondisi terminal Kota Putussibau di Jalan Diponegoro Kelurahan Putussibau Kota Kecamatan Putussibau Utara kian tak terurus. Kondisinya memprihatinkan. Kumuh, jorok dan tak terawat, itulah gambaran kondisi terminal Kota Putussibau.

Kondisi ini juga terjadi di terminal bus milik Dinas Perhubungan Kalbar.

Hendri warga Putussibau mengatakan, ini gambaran kurangnya perhatian pemerintah, apalagi itu merupakan fasilitas umum.

“Justru banyak bangunan selama ini tidak berfungsi yang menghabiskan anggaran cukup besar, mestinya pemerintah mengutamakan pembenahan untuk terminal,” katanya, Minggu (29/7).

Warga Putussibau lainnya yakni Andre menilai Pemkab terkesan tutup mata dengan kondisi terminal.

“Selama ini diam-diam saja, tidak ada upaya pemerintah, apakah tidak malu dengan kondisi terminal seperti itu, kumuh dan terlantar,” ucapnya.

Sementara itu Abdul Halim Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Hulu mengatakan, pihaknya bukan tidak mau memperhatikan kondisi terminal kota.

Menurutnya anggara untuk perbaikan tersebut belum terprioritaskan melalui APBD Kapuas Hulu. “Perbaikan terminal itu bukan kami tidak mau tetapi karena kondisi APBD nya. Apalagi Bupati juga sudah sering lewat jalur terminal itu,” ujarnya.

Sementara terminal milik Dishub Kalbar, Adul Halim mengatakan pihaknya tidak berwenang untuk melakukan perbaikan.

“Hanya saja yang mau direnovasi itu soal penataaan ruko-ruko yang ada didalam, perbaikan tempat parkir mobil,” ujarnya.

Menurut Halim, jika melihat kondisi terminal Bus Kedamin yang hingga hari ini tak berfungsi, memang sangat disayangkan, Namun jika pengelolaan terminal tersebut kepaada pihaknya, pihaknya juga sulit karena kekurangan petugas.(rel)