Description

Wisudawan-Wisudawati FKIP Untan 60% Cum Laude

Pontianak, BerkatnewsTV. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP Untan) berhasil meluluskan 157 mahasiswa dari Program Diploma Tiga (D3), Sarjana(S1) dan Magister (S2) periode keempat tahun 2018.

Dari 157 mahasiswa, terdapat 60 persen wisudawan-wisudawati yang lulus dengan predikat Cum Laude (lulus dengan pujian), 25 persen berpredikat sangat memuaskan, dan 15 persen memuaskan.

Ketua Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Untan, Urai Salam mengatakan hasil tersebut merupakan kerja keras mahasiswa-mahasiswi FKIP Untan yang lulus dari semester awal hingga akhir sehingga mendapatkan nilai yang baik secara konsisten.

“Cum Laude itu sebuah gambaran mahasiswa dari semester awal hingga semester akhir itu konsisten belajar dengan baik. Tidak mungkin mahasiswa bisa Cum Laude kalau bagusnya hanya semester akhir, jadi ada 60 persen itu menurut saya luar biasa”, ujarnya.

Namun, Ia juga menekankan kepada para wisudawan-wisudawati bahwa predikat Cum Laude bukan merupakan jaminan untuk dengan mudah mendapatkan pekerjaan, tetapi para lulusan juga harus tetap mengembangkan keterampilan-keterampilan yang menyesuaikan tantangan perubahan zaman.

“Cum Laude harus direfleksikan juga dalam bentuk critical thinking dan kemampuan untuk menghadapi situasi hari ini yang unpredictable (tidak terprediksi). Jadi segala sesuatu sangat dipengaruhi seberapa bagus critical thinking dari mahasiswa yang lulus”, pungkasnya. (riz)