Description

Pagar Pembatas Negara di Entikong Bolong Setinggi Orang Dewasa

Patroli gabungan TNI Polri menemukan pagar pembatas negara yang bolong dirusak oleh oknum masyarakat untuk akses keluar masuk kegiatan ilegal di Entikong. Foto: Abang Indra

Sanggau, BerkatnewsTV. Polsek Entikong bersama Koramil Entikong melakukan patroli gabungan di sekitar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Rabu (11/7) pagi.

Saat patroli, aparat menemukan sejumlah jalan tikus yang terhubung langsung dengan wilayah Tebedu, Malaysia. Bahkan, pagar pembatas negara yang berada di sayap kiri PLBN Entikong terlihat rusak dan bolong di sejumlah titik.

“Bolongnya itu lumayan besar, bisa dilalui dua manusia dewasa lah. Ada dua titik yang bolong di sayap kiri PLBN, sekarang kita tutup dulu bolongnya ini. Pagarnya ini terbuat dari kawat besi, tapi kalau orang mau nekat, diputus pakai pemotong kawat juga bisa karena kawatnya itu sebesar lidi saja,” ungkap Panit Sabhara Polsek Entikong, Ipda Sahid.

Diakuinya, kerusakan itu sudah beberapa kali dilakukan perbaikan. Namun, selalu kembali dijebol oknum yang melintasi jalur pelolosan itu.

Ia sebutkan patroli dilakukan rutin bersama anggota TNI untuk memantau jalan tikus yang kerap dijadikan jalur keluar masuk baik barang dan orang.

“Ini untuk antisipasi keluar masuknya barang dan orang melalui jalur tikus. Patroli kita lakukan dengan waktu random, agar pergerakan aparat tidak tercium oleh pelaku kegiatan ilegal,” pungkasnya. (dra)