Pontianak, BerkatnewsTV. Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi dan Kepala Polda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono bertemu dengan sejumlah Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta para pemuda di Gedung Pontianak Convention Center Kota Pontianak, Rabu (20/6).

Turut hadir pada acara, diantaranya, Kasdam XII/Tanjungpura, Waka Polda Kalbar, Danrem 121/Abw, Dandim 1207/BS, Asintel Kasdam XII/Tanjungpura serta Pejabat Utama Polda Kalbar.

Tatap muka tersebut juga, menghadirkan para Prajurit Kodam XII/Tanjungpura dan Anggota Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Kotamadya Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Pangdam menegaskan netralitas tidak perlu didiskusikan lagi. Namun, jangan menciderai sesuatu yang sudah dibangun oleh TNI dan Polri sedemikian rupa kemudian diciderai karena tidak netral.

“Karena itu semua unsur yang terlibat untuk selalu professional dalam melaksanakan pengamanan Pilkada. kemudian memetakan kerawanan-kerawanan yang mungkin terjadi serta tindakan apa yang perlu dilakukan dan apabila perlu dilatihkan sehingga tidak terdadak pada saat menghadapi kerawanan yang mungkin terjadi,” Pangdam mengingatkan.

Menurutnya kesuksesan Pilkada berada pada sinergitas dari tiga unsur yaitu Pelaksana, Pengaman dan Pengawas, untuk itu sinergitas menjadi hal yang penting.

Kepada unsur pengamanan khususnya, TNI menugaskan perbantuan kepada Polres dan Polsek, diharapkan tidak ada keraguan dalam melaksanakan perbantuan pengamanan Pilkada nanti.(jon)