MIN Singkawang Uji Coba Makan Gratis

MIN Singkawang Uji Coba Makan Gratis
Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Singkawang melakukan uji coba makan gratis kepada siswanya dari kelas 1 hingga VI, Jumat (11/10). Foto: uck

Singkawang, BerkatnewsTV. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Singkawang melakukan uji coba makan gratis kepada siswanya dari kelas 1 hingga VI.

Adapun lauk pauk yang disiapkan adalah telur, sayur, tahu, buah pisang dan air mineral.

Sebelumnya dilakukan senam bersama di halaman madrasah, yang kemudian dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih kelas, musholla, dan lingkungan madrasah, Jum’at (11/10).

Muslimah, Kepala MIN Singkawang, menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan hidup sehat sejak dini.

“Melalui program ini, kami ingin menanamkan kebiasaan sehat kepada siswa. Pola hidup sehat adalah sesuatu yang harus dilatih sejak dini agar menjadi kebiasaan yang baik,” jelas Muslimah.

Zahrah selaku Koordinator Kesiswaan menekankan pentingnya program ini dalam meningkatkan kualitas kesehatan peserta didik.

Baca Juga:

“Program ini kami rancang untuk meningkatkan derajat kesehatan siswa melalui pola makan bergizi seimbang,” ujarnya.

Dia berharap, dengan penerapan pola makan sehat ini, siswa dapat tumbuh dengan optimal dan siap menghadapi aktivitas belajar setiap hari.

Makanan sehat sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ dan memastikan kinerja tubuh tetap optimal. Secara umum, jenis makanan sehat mencakup makanan yang mengandung berbagai nutrisi sesuai prinsip 4 Sehat 5 Sempurna. Makanan yang dikonsumsi harus memiliki keseimbangan antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Zahrah menambahkan bahwa makanan sehat yang disediakan dalam program ini adalah menu bubur ayam yang terdiri dari bahan-bahan yang mudah ditemukan dan kaya nutrisi.

“Kami ingin memberikan pemahaman kepada siswa bahwa makanan sehat bisa didapatkan dari apa yang kita konsumsi sehari-hari,” imbuhnya.

Dengan terlaksananya program ini, MIN Singkawang berharap dapat terus mendidik siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui kebiasaan makan yang baik.

Program ini menjadi langkah nyata madrasah dalam mencetak generasi yang lebih sehat dan siap menghadapi masa depan dengan tubuh yang kuat dan pikiran yang cerdas. (uck)