Description

Siswa Madrasah Singkawang Asah Kemampuan di KSM

Siswa Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) se-Kota Singkawang yang dimulai selama tiga hari sejak 1 - 3 Juli 2024. Foto: uck
Siswa Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) se-Kota Singkawang yang dimulai selama tiga hari sejak 1 - 3 Juli 2024. Foto: uck

Singkawang, BerkatnewsTV. Puluhan siswa Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) se-Kota Singkawang.

KSM digelar selama tiga hari mulai tanggal 1 hingga 3 Juli 2024 di Kantor Kemenag Singkawang.

Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Aliyansah berharap para peserta dapat mengikuti KSM dengan fokus.

“Rileks namun tetap fokus. Untuk mengimplementasikan kompetensi sains madrasah,” katanya saat membuka KSM, Senin (1/7).

Dia menekankan pentingnya usaha maksimal dan doa dalam mengikuti kompetisi ini. “Berhasil atau tidak itu urusan takdir, yang jelas ikhtiarlah dengan semaksimal mungkin, pengalaman yang didapat tidak dimiliki oleh siswa/i yang lain,” tambahnya.

Baca Juga:

Sementara itu Analis Informasi Pengembangan Pendidik/Tendik pada Seksi Pendis Islam Kemenag Singkawang, Taufiqqurrachman, menambahkan KSM dilaksanakan dalam tiga jenjang.

Pada 1 Juli, kompetisi untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) diikuti oleh 37 siswa individu dan 3 kelompok dalam KSM beregu.

Pada 2 Juli, kompetisi jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) diikuti oleh 36 siswa individu dan 5 kelompok dalam KSM beregu.

Dan pada 3 Juli, jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan diikuti oleh 18 siswa individu dan 2 kelompok dalam KSM beregu.

Ia sebutkan KSM tahun ini memperkenalkan kategori baru yaitu peserta beregu/kelompok, yang menekankan pentingnya kerja kolaborasi dalam kegiatan saintifik abad 21. Soal-soal KSM 2024 dikembangkan menjadi tiga kategori yakni simple problem, partial problem, dan complex problem.

“Kompetisi Sains Madrasah 2024 di Kota Singkawang diharapkan menjadi ajang bagi para siswa untuk mengasah kemampuan mereka, menjalin kolaborasi dan membawa nama baik madrasah di tingkat nasional dan internasional,” harapnya.(uck)