Berbagai Karya Seni Tampil di Ikan Mas Art Festival

Ikatan Mahasiswa Seni (Ikan Mas) sukses menggelar Art Festival ke-16 dalam tajuk Ikan Mas Art Festival pada Senin (10/6) tadi malam. FotoL iki
Ikatan Mahasiswa Seni (Ikan Mas) sukses menggelar Art Festival ke-16 dalam tajuk Ikan Mas Art Festival pada Senin (10/6) tadi malam. FotoL iki

Pontianak, BerkatnewsTV. Ikatan Mahasiswa Seni (Ikan Mas) sukses menggelar Art Festival ke-16 dalam tajuk Ikan Mas Art Festival, sebuah pergelaran seni yang telah berlangsung sejak tahun 2013.

Menurut Ketua Program Studi, Nurmila Sari Djau, IAF bukan hanya ujian akhir semester bagi mahasiswa, tetapi juga sebuah pergelaran seni tahunan yang diinisiasi oleh mahasiswa dan mendapat dukungan penuh dari pihak kampus.

Description

IAF menampilkan puluhan parade karya seni, mulai dari tari, musik, hingga pertunjukan lainnya, yang semuanya disiapkan dalam kurun waktu enam bulan. Meski merupakan bagian dari ujian akhir semester, suasana IAF jauh dari suasana ujian biasa.

“Persiapan untuk IAF membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebih enam bulan, mulai dari melatih konsep hingga eksekusi” ujar Ketua Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Nurmila Sari Djau, Senin (10/6) malam di Aula Pertunjukan Prodi Seni, FKIP Universitas Tanjungpura.

Nurmila menyampaikan, pada edisi ke-16 yang mengusung tema luar angkasa begitu spesial dan berbeda dari edisi sebelumnya.

“Salah satunya adalah kerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kalimantan Barat (Disporapar Kalbar) yang telah membuka jalan untuk menjadikan IAF sebagai salah satu event tahunan. Selain itu, tahun ini IAF kedatangan tamu dari 12 universitas di Malaysia,” jelasnya

Menurut Nurmila, keberhasilan IAF kali ini melebihi ekspektasi karena IAF tidak hanya diminati oleh lingkungan prodi atau kampus saja, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan hingga mancanegara.

Baca Juga:

“Alhamdulillah, mahasiswa kami bisa menampilkan karya serta penampilan yang begitu luar biasa,” ucapnya.

Nurmila juga mengucapkan terima kasih kepada para dosen Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan yang telah banyak membantu baik secara materi maupun keterampilan untuk mahasiswa.

“Berkat bimbingan mereka, mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan dapat berkarya dan berprestasi. Salah satu prestasi yang baru-baru ini diraih adalah menjadi juara terfavorit di Festival Borneo,” tuturnya.

Ikan Mas Art Festival telah sukses menjadikan mahasiswa berkiprah lebih jauh lagi dan membawa nama Kalimantan Barat ke kancah yang lebih luas. Ini adalah bukti bahwa seni dan pendidikan dapat berjalan beriringan, menciptakan platform bagi mahasiswa untuk belajar, berkembang, dan berprestasi. (iki)

Description