Description

Akibat Defisit Anggaran, Dana Pilkada di Kubu Raya Dikucurkan 40 Persen

KPU Kubu Raya telah mengusulkan untuk dana Pilkada di Kubu Raya sebesar Rp39,7 miliar. Namun, dari jumlah itu baru hanya 40 persen yang dikucurkan. Nasib yang sama juga dialami, Bawaslu Kubu Raya yang baru mendapatkan 40 persen dari total Rp14.988.132.000 seperti yang tertuang dalam NPHD.
KPU Kubu Raya telah mengusulkan untuk dana Pilkada di Kubu Raya sebesar Rp39,7 miliar. Namun, dari jumlah itu baru hanya 40 persen yang dikucurkan. Nasib yang sama juga dialami, Bawaslu Kubu Raya yang baru mendapatkan 40 persen dari total Rp14.988.132.000 seperti yang tertuang dalam NPHD.

Kubu Raya, BerkatnewsTV. KPU Kubu Raya telah mengusulkan untuk dana Pilkada di Kubu Raya sebesar Rp39,7 miliar. Namun, dari jumlah itu baru hanya 40 persen yang dikucurkan.

Nasib yang sama juga dialami, Bawaslu Kubu Raya yang baru mendapatkan 40 persen dari total Rp14.988.132.000 seperti yang tertuang dalam NPHD.

Ketua KPU Kubu Raya, Kasiono mengatakan penyampaian anggaran Pilkada melalui rekening resmi Pilkada. Sedangkan sisanya akan dialokasikan sebelum Pemungutan suara.

“Artinya dibulan Juni nanti harus ada penyampaian anggaran dari Pemda ke KPU Kubu Raya,” jelasnya, Senin (27/5) malam saat media gathering bersama awak media.

Kendati Pemkab Kubu Raya mengalami defisit anggaran. Pihaknya bersama Pemda setempat telah berkomitmen untuk menyelesaikan proses Pilkada ini hingga selesai.

“Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar, karena angka 40 persen yang diharuskan ke KPU. Ini sudah tersetor oleh Pemerintah daerah Kubu Raya. Memang kondisi keuangan daerah memang lagi sedang tidak baik tetapi kami saling support bahwa Pilkada ini sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditentukan,” ulasnya.

Baca Juga:

Senada juga disampaikan Ketua Bawaslu Kubu Raya Encep Endan yang menyebutkan baru 40 persen yang telah dikucurkan oleh Pemkab Kubu Raya.

“Sudah 40 persen diterima dari jumlah total NPHD Rp14.988.132.000,” ungkapnya.

Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam mengungkapkan dana yang disiapkan untuk pelaksanaan Pilkada di Kubu Raya hampir Rp70 miliar.

“Jumlah itu, tidak hanya untuk KPU namun juga untuk operasional lain seperti pengamanan, Bawaslu dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Alokasi dana Rp70 miliar tersebut disebutkan Yusran untuk mengantisipasi jika nantinya terdapat lima pasangan calon.

“Akan tetapi jika ternyata nanti misalnya hanya tiga paslon, maka tidak akan semuanya digunakan, sisanya dikembalikan ke kas daerah untuk kebutuhan yang lain,” terangnya.

Selain KPU, instansi yang sudah menerima dana pilkada yakni TNI dan Polri yang dialokasikan sebesar Rp5 miliar. Masing – masing untuk Kodim 1207/Ptk Rp1,5 miliar dan Polres Kubu Raya Rp3,5 miliar. Kedua instansi ini telah menerima full yang diserahkan simbolis oleh Pj Bupati Kubu Raya.

Pj Bupati Kubu Raya Sy Kamaruzaman menginginkan dengan jumlah dana hibah pengamanan ini dapat menciptakan suasana Pilkada yang damai, aman, lancar, tanpa ada gangguan kamtibmas dilingkungan masyarakat.

“Kita berharap ada sinergi yang diberlakukan, antar Pemkab dan aparat keamanan untuk mensukseskan Pilkada,” ucapnya usai penandatanganan hibah dana di Sui Raya, Senin (20/5).(dian/rob)