Description

BAZNAS Targetkan Pengumpulan Dana Umat Rp1 Miliar

Ketua BAZNAS Kubu Raya Hasan Subhi menyerahkan simbolis paket zakat kepada petugas cleaning service di Pemkab Kubu Raya pada Senin (18/3). BAZNAS Kubu Raya menargetkan pengumpulan dana umat Rp1 miliar di tahun 2024
Ketua BAZNAS Kubu Raya Hasan Subhi menyerahkan simbolis paket zakat kepada petugas cleaning service di Pemkab Kubu Raya pada Senin (18/3). BAZNAS Kubu Raya menargetkan pengumpulan dana umat Rp1 miliar di tahun 2024. Foto: dian

Kubu Raya, BerkatnewsTV. BAZNAS Kubu Raya menargetkan pengumpulan dana umat di tahun 2024 sebesar Rp1 miliar. Target tersebut naik Rp400 juta dari tahun 2023 yang terkumpul sebesar Rp600 juta.

Ketua BAZNAS Kubu Raya Hasan Subhi optimis target Rp1 miliar tersebut bakal tercapai kendati masih jauh dari target nasional yakni Rp2 miliar.

“Minimal tahun ini, kita bisa tembus diangka satu miliar lah. Karena sudah lama kita bergerak untuk mencapai angka tersebut jadi tinggal mencari Rp400 juta lagi lah. Jadi bisa Rp1 miliar,” jelasnya usai penyerahan zakat kepada petugas cleaning service Pemkab Kubu Raya, Senin (18/3).

Baca Juga:

Disisi lain untuk menjaga keseimbangan dana umat, Hasan menerangkan ada beberapa sektor yang dapat dijalankan oleh Baznas. Pertama program reguler dan produtif.

“Kalau di program reguler, kita ada Bakul Cinta yakni program bantuan kuliner untuk, mustahik lansia yang tidak mampu masak. Tugas mencari tetangga terdekat yang dapat menyiapkan konsumsi. Dan kita siapkan voucher belanja sembako, untuk bulanannya, ini untuk fakir dan lansia yang dimana uang belanjanya kita titipkan diwarung terdekat sebesar pertahunnya Rp 3.600.000 dengan tujuan warung juga ikut diberdayakan,” jelasnya.

Adapun sektor produktif, Baznas membuka pinjaman tidak memakai bunga bagi para pelaku UMKM.

“Artinya ada pelaku usaha yang ingin mengembangkan usaha kecilnya dengan suntikan modal. Bunyinya bukan bantuan tapi pinjaman,” tegas dia.

Kemudian, disisi perangkat daerah Hasan mengakui pihaknya baru-baru bergerak dalam tahun ini untuk melakukan pengumpulan zakat di setiap OPD.

“Ke SKPD nanti kita (Baznas) akan kita upayakan karena baru tahun ini mulai,” terangnya.(dian)