Description

SMAN Puring Kencana Atasi IPM Rendah di Perbatasan RI – Malaysia

Pj Gubernur Kalbar Harrison pada Kamis (11/1) meninjau sarana prasarana SMAN Puring Kencana yang diresmikan
Pj Gubernur Kalbar Harrison pada Kamis (11/1) meninjau sarana prasarana SMAN Puring Kencana yang diresmikan. Foto: ist/tmB

Kapuas Hulu, BerkatnewsTV. Pemprov Kalbar telah membangun sekolah setingkat SMA Negeri di kawasan perbatasan RI – Malaysia. Tepatnya di Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu.

Dibangunnya SMA Negeri ini salah satu cara untuk mengatasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) rendah di kawasan perbatasan.

“IPM Kalbar dari sisi kesehatan sudah lumayan baik, sementara dari sisi pendidikan, angka rata-rata lama sekolah baru 7,71 tahun. Rata-rata tidak tamat SMP, itu rata-rata, tapi banyak juga (warga Kalbar) yang sudah jadi doktor, profesor,” kata Pj Gubernur Kalbar Harisson.

Menurut Harrison saat meresmikan SMAN Puring Kencana pada Kamis (11/1) sekolah yang dibangun untuk memperpendek jarak tempuh bagi masyarakat, agar lulusan SMP tidak putus sekolah dan dapat melanjutkan ke SMA atau SMK.

Baca Juga:

“Kita ingin agar anak-anak kita yang lulus SMP bisa melanjutkan pendidikan ke SMA atau SMK. Untuk itu, Pemprov Kalbar membangun sekolah sedekat mungkin ke masyarakat. Biaya pendidikan SMA juga kita gratiskan, termasuk pemberian seragam sekolah dan kebutuhan lainnya bagi yang tidak mampu” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalbar Rita Hastarita mengatakan, bahwa pembangunan unit sekolah baru SMA Negeri 1 Puring Kencana dimulai sejak tahun 2023 lalu.

“Pembangunan unit sekolah baru SMA Negeri 1 Puring Kencana telah dilaksanakan pada tahun 2023 lalu. Pemprov telah menerima hibah lahan dari Pemkab. Kapuas Hulu seluas 2 hektar untuk pembangunan sekolah tersebut,” katanya.

Peresmian SMA Negeri 1 Puring Kencana Kapuas Hulu disambut antusias oleh masyarakat Puring Kencana. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir dalam acara peresmian sekolah tersebut.

“Kami sangat senang dengan dibukanya SMA Negeri 1 Puring Kencana ini. Dengan adanya sekolah ini, anak-anak kami tidak perlu lagi jauh-jauh untuk melanjutkan sekolah ke SMA,” ucap salah satu warga Puring Kencana.(tmB)