Description

Referral Marketing: Pengertian, Jenis dan Keunggulannya

Referral Marketing: Pengertian, Jenis dan Keunggulannya
Referral Marketing: Pengertian, Jenis dan Keunggulannya. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Apa itu pengertian Referral Marketing, yakni strategi pemasaran di mana perusahaan memotivasi pelanggan mereka untuk merekomendasikan produk atau layanan mereka kepada orang lain.

Dalam banyak kasus, ini dilakukan melalui program referral yang memberikan insentif kepada pelanggan yang memberikan referensi yang berhasil.

Jenis Referral Marketing

Ada beberapa jenis referral marketing, termasuk:

  1. Program Loyalitas, maksudnya pelanggan mendapatkan poin atau hadiah untuk setiap referensi yang berhasil.
  2. Diskon atau Kredit dimana pelanggan mendapatkan diskon atau kredit untuk pembelian masa depan untuk setiap referensi yang berhasil.
  3. Program Afiliasi, maksudnya pelanggan atau afiliasi mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan dari referensi mereka.

Keunggulan Referral Marketing

Referral marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Biaya Rendah
    Referral marketing biasanya lebih murah dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya karena sebagian besar promosi dilakukan oleh pelanggan sendiri.
  2. Kepercayaan Tinggi
    Orang cenderung lebih percaya kepada rekomendasi dari teman atau keluarga dibandingkan dengan iklan tradisional.
  3. Konversi Tinggi
    Referral marketing cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi karena prospek sudah memiliki minat awal dalam produk atau layanan.

Dengan memahami pengertian referral marketing, perusahaan dapat memanfaatkan strategi ini untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis. Selamat mencoba.(*)