Description

845 KK di Ketapang Dapat Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis

Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) gratis secara simbolis diserahkan oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Ketapang Maryadi Asmuie pada Jumat (8/12) di Desa Baru, Kecamatan Benua Kayong. Foto: naufal
Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) gratis secara simbolis diserahkan oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Ketapang Maryadi Asmuie pada Jumat (8/12) di Desa Baru, Kecamatan Benua Kayong. Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Sebanyak 845 Kepala Keluarga (KK) di Ketapang mendapatkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) gratis.

BPBL gratis ini secara simbolis diserahkan oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Ketapang Maryadi Asmuie pada Jumat (8/12) di Desa Baru, Kecamatan Benua Kayong.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Maryadi Asmuie berharap penyalaan pertama di Desa Baru ini akan menyebar ke seluruh masyarakat Ketapang.

“Listrik akan menjadi sumber energi yang dapat mendorong perkembangan ekonomi, membuka peluang usaha baru dan memberikan kenyamanan serta peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat,” jelasnya.

Ia meminta masyarakat dapat menjaga dan memanfaatkan listrik dengan bijak. Manfaatkan akses listrik untuk pengembangan usaha, peningkatan kualitas pendidikan dan pemanfaatan teknologi yang mendukung kemajuan Kabupaten Ketapang.

“Semoga ini menjadi tonggak awal bagi pembangunan yang lebih baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas perekonomian, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menunjang kegiatan pendidikan, keterbukaan informasi, serta menunjang kegiatan bermanfaat lainnya,” harapnya.

Baca Juga:

Sementara itu Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Maman Abdurrahman menjelaskan program BPBL ini berasal dari aspirasi Komisi VII DPR RI untuk masyarakat yang tidak mampu di seluruh Indonesia termasuk Kalimantan Barat.

“Ada masyarakat yang tidak mampu untuk pasang meteran listrik. Nah inilah kita fasilitasi dengan program-program pemasangan meteran listrik supaya masyarakat merata dapat merasakan memiliki listrik,” jelasnya.

Agar program BPBL ini tepat sasaran, para penerima program ini akan disesuaikan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan penyesuaian dari data PLN apakah masyarakat tersebut benar-benar tidak mampu atau belum pernah memasang listrik.

“Program ini gratis, ada dua mekanisme yang diterapkan, pertama masuk dalam data DTKS atau yang kedua memang PLN nanti survei ada juga masyarakat yang tidak masuk dalam list DTKS ternyata itu memang betul-betul dia belum pernah punya meteran listrik,” tutupnya.

Komisi VII DPR RI menyetujui alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023 untuk program BPBL bagi rumah tangga miskin belum berlistrik sebanyak 125.000 rumah tangga yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

Kabupaten Ketapang sendiri menerima bantuan BPBL sebanyak 845 rumah tangga dari total 9.500 rumah tangga di Kalimantan Barat.(naf)