Description

Korban Meninggal Akibat DBD di Sanggau Bertambah Menjadi 13 Orang

ilustrasi: Kasus DBD di Sanggau semakin hari kian bertambah. Bahkan menyebar ke sejumlah kecamatan dan korban meninggal telah mencapai 13 orang
ilustrasi: Kasus DBD di Sanggau semakin hari kian bertambah. Bahkan menyebar ke sejumlah kecamatan dan korban meninggal telah mencapai 13 orang

Sanggau, BerkatnewsTV. Korban meninggal akibat DBD di Sanggau bertambah menjadi 13 orang.

Berdasarkan data pada Kamis 30 November 2023, jumlah penderita DBD tercatat 377 orang. Dari jumlah itu, 13 orang diantaranya tidak tertolong hingga meninggal dunia.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Sanggau, Budi Darmawan mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya menekan angka DBD.

“Kita sudah melakukan fogging dengan melibatkan Dinas terkait dan TNI/Polri, termasuk juga melibatkan Kejaksaan Negeri Sanggau. Kita sudah bagikan bubuk abate, kita bersama dinas terkait juga sudah turun tangan langsung membersihkan lingkungan melakukan 3 M plus disejumlah lokasi rawan perkembangbiakan nyamuk DBD. Artinya kita sudah maksimal,” katanya.

Baca Juga:

Bahkan, lanjut Budi, gerakan menekan kasus DBD ini juga dilakukan oleh petugas hingga tingkat Kecamatan dan Desa.

“Semuanya bergerak, namun yang bergerak selama ini mayoritas aparat pemerintah, mestinya masyarakat juga harus berperan aktif. Minimal dengan aktif membersihkan lingkungannya masing-masing. Nah, inilah tugas kita mengajak masyarakat, yok sama-sama kita menjaga lingkungan kita jangan sampai jadi sarang nyamuk,” ungkap Budi.

Menurut Budi, peran aktif masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui 3 M plus menjadi kunci penting dan utama menangani persoalan DBD ini.

‘Ayo masyarakat Sanggau, kita jaga lingkungan kita jangan sampai keluarga kita jadi korban DBD,” pungkasnya.(pek)