Description

Jelang Pemilu, Pelajar Dibuatkan e-KTP di Sekolah

Menjelang Pemilu 2024, para pelajar di Singkawang mulai dibuatkan e-KTP pada Selasa (3/10) oleh Dinas Dukcapil Singkawang. Dimulai dari perekaman yang langsung dilakukan di sekolah. Foto: uck
Menjelang Pemilu 2024, para pelajar di Singkawang mulai dibuatkan e-KTP pada Selasa (3/10) oleh Dinas Dukcapil Singkawang. Dimulai dari perekaman yang langsung dilakukan di sekolah. Foto: uck

Singkawang, BerkatnewsTV. Menjelang Pemilu 2024, para pelajar di Singkawang mulai dibuatkan e-KTP. Dimulai dari perekaman yang langsung dilakukan di sekolah.

Pelajar yang merupakan pemilih pemula menjadi target partai politik untuk mendongkrak suara di Pemilu 2024.

Salah satu sekolah yang dituju oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Singkawang adalah MAN Singkawang.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Singkawang, Manarilah menyatakan perekaman e-KTP akan dilakukan di seluruh sekolah swasta maupun negeri serta sederajat yang ada di Singkawang.

“Ini diselenggarakan sebagai bentuk percepatan perekaman KTP elektronik. Dengan sasaran siswa-siswa SLTA sederajat untuk persiapan mengahadapi pemilu tahun 2024,” jelas, Kamis (5/10).

Baca Juga:

Ia sebutkan dasar dari perekaman ini diperoleh dari data dukcapil pusat dan data dapodik. Sehingga para pelajar tidak mengalami kendala atau permasalahan. Sebab salah satu persyaratannya adalah memiliki KTP elektronik.

Manarilah menyampaikan selain untuk perekaman KTP Elektronik, perekaman ini sekaligus untuk aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Yang dapat dilakukan bukan hanya para pelajar di Singkawang dibuatkan e-KTP usia wajib KTP tetapi juga jajaran guru dan Kepala Sekolah.

IKD ini, menurut dia sangat penting karena jika ada masyarakat ada yang memerlukan KTP atau rusak, maka IKD bisa diakses melalui digital dan bisa digunakan untuk akses pelayanan publik.(uck)