Description

Kualitas Udara Kubu Raya Zona Kuning

Petugas gabungan sedang memadamkan api dampak dari karhutla di Kubu Raya yang terjadi di beberapa tiik sehingga mengakibatkan kualitas udara Kubu Raya zona kuning
Petugas gabungan sedang memadamkan api dampak dari karhutla di Kubu Raya yang terjadi di beberapa tiik sehingga mengakibatkan kualitas udara Kubu Raya zona kuning. Foto: ist/tmb

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kondisi kualitas udara Kubu Raya zona kuning akibat kabut asap yang telah menutupi sejumlah daerah di Kubu Raya. Kondisi ini dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Terpantau asap sudah mulai mengental dan memasuki rumah-rumah warga di Kubu Raya dan Pontianak, di pagi hari asap berdampak mengurangi jarak pandang pengendara di jalan raya.

Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, AIPTU Ade mengungkapkan, kualitas udara di Kabupaten Kubu Raya mulai di titik mengkhawatirkan.

Baca Juga:

Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran, karena kualitas udara di wilayah memburuk dan jarak pandang menjadi terbatas terutama di pagi dan malam hari.

“Dikutip dari informasi BNPB jarak pandang terburuk di jam-jam tertentu hanya tembus 50 meter namun upaya pihak Polres Kubu Raya dan stakeholder terkait berupaya memadamkan dan mendinginkan kobaran api karhutla,” terangnya, Rabu (3/8).

Ia sebutkan sejak kemarin hingga hari ini data ISPU kualitas udara di Kubu Raya zona kuning dan untuk level kualitas udara kurang sehat sehingga mempengaruhi kesehatan.

Sementara itu BMKG Kalbar dalam keterangan resminya merilis 19 titik panas di wilayah Kubu Raya hingga Selasa (2/8).(tmB)