Description

OPD Diminta Akurat Sampaikan Data ke Wali Data

Dinas Kominfo Ketapang melaksanakan Bimtek Aplikasi Portal Satu Data Ketapang, Kamis (22/6),
Dinas Kominfo Ketapang melaksanakan Bimtek Aplikasi Portal Satu Data Ketapang, Kamis (22/6). Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai produsen data diminta akurat menyampaikan datanya ke wali data dalam hal ini Dinas Kominfo.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ketapang Sukirno kalau data kurang akurat maka program berjalan juga tidak tepat.

“Pada lingkup OPD kinerja kepala dinas akan bagus kalau datanya bagus karena nanti pendataan ini akan dimasukan ke portal tidak hanya dilihat bupati tetapi juga seluruh kementerian serta masyarakat,” jelasnya saat Bimtek Aplikasi Portal Satu Data Ketapang, Kamis (22/6),

Baca Juga:

Ia sebutkan Diskominfo sebagai Wali Data melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan dan pengelolaan data yang disampaikan oleh Produsen Data serta menyebarluaskan data tersebut.

“Produsen Data dalam hal ini perangkat daerah di lingkungan Pemkab Ketapang berkewajiban menghimpun data yang kemudian menyampaikan data dan metadata kepada Wali Data yaitu Diskominfo,” jelasnya.

Sehingga ada penyelarasan dan menciptakan data yang berkualitas, mudah diakses dan dapat dibagi pakaian antar instansi pusat dan daerah.(naf)