Description

Naik Dango Dukung Pariwisata Singkawang

Pj Wali kota Singkawang Sumastro rapat koordinasi dengan lintas sektoral persiapan Gawai Dayak Naik Dango, Rabu (24/5)
Pj Wali kota Singkawang Sumastro rapat koordinasi dengan lintas sektoral persiapan Gawai Dayak Naik Dango, Rabu (24/5). Foto: cok

Singkawang, BerkatnewsTV. Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang akan menggelar Naik Dango ke-23 pada tanggal 27-31 Mei 2023 di Rumah Adat Dayak Singkawang.

Pj Wali kota Singkawang Sumastro, berharap Naik Dango kali ini bisa dikemas lebih menarik supaya bisa menarik kehadiran wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara.

Menurutnya, untuk mendukung Pariwisata di Kota Singkawang, sangat perlu diadakan banyak event-event secara kontinyu. Sehingga membuat para wisatawan memiliki alasan untuk berkunjung ke Singkawang.

“Untuk mendukung pariwisata di Singkawang, kita harus punya banyak event yang diadakan secara kontinu. Sehingga membuat para wisatawan memiliki alasan untuk berkunjung ke Singkawang,” terangnya saat menerima Panitia Naik Dango, Rabu (24/5).

Baca Juga:

Dengan demikian dapat meningkatkan nilai transaksi, baik itu penginapan, kuliner, UMKM, bahkan sampai menyentuh sektor bisnis transportasi seperti rental mobil dan jasa travel.

Sumastro juga meminta kepada Dinas Pariwisata untuk mendata event yang akan diselenggarakan, serta melihat pengaruh dari event tersebut terhadap kunjungan wisatawan ke Singkawang.

“Saya sudah memerintahkan kepada Dinas Pariwisata untuk mendata event yang akan diselenggarakan. Juga melihat seberapa besar pengaruh event itu terhadap kunjungan wisatawan ke Singkawang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Grego Bambang menyatakan pihaknya sangat terbuka jika ada ormas pemuda di luar Dayak atau ormas muslim dan umat agama lainnya yang ingin ikut terlibat dalam menyukseskan Naik Dango.

Menurutnya, keterlibatan mereka dalam menjaga ketertiban dan kedamaian pada saat berlangsungnya Naik Dango dapat memperkuat toleransi antarsuku, budaya, dan agama di Singkawang.

“Kami sangat terbuka, jika ada ormas pemuda non Dayak dan juga ormas muslim atau umat beragama lainnya yang ingin ikut terlibat dalam mensukseskan Gawai Dayak ini,” katanya.(uck)