Description

Gerindra Kalbar Targetkan 12 Kursi Usung Isu Capres Prabowo

DPD Partai Gerindra Kalbar saat mendaftarkan berkas 65 orang bacaleg DPRD Kalbar ke KPU Kalbar pada Sabtu (13/5) dengan target 12 kursi
DPD Partai Gerindra Kalbar saat mendaftarkan berkas 65 orang bacaleg DPRD Kalbar ke KPU Kalbar pada Sabtu (13/5) dengan target 12 kursi di Pemilu 2024. Foto: rob

Pontianak, BerkatnewsTV. DPD Partai Gerindra Kalbar akan memanfaatkan isu capres Prabowo Subianto untuk mendapatkan target 12 kursi di DPRD Kalbar pada Pemilu 2024 dari yang sekarang 7 kursi.

“Alhamdullilah majunya Pak Prabowo sebagai capres ini lah akan menjadi salah satu maskot dari Gerindra yang akan menambah energi perolehan kursi di setiap dapil dan kursi-kursi yang ada di seluruh Indonesia,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Kalbar Yuliansyah saat konfrensi pers usai pendaftaran bacaleg DPRD Kalbar ke KPU Kalbar, Sabtu (13/5).

Gerindra mendaftarkan sebanyak 65 orang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Kalbar yang tersebar di 8 daerah pemilihan.

Dari jumlah itu, Yuliansyah memastikan keterwakilan perempuan lebih dari 30 persen sesuai dengan syarat yang ditentukan. Sehingga Gerindra Kalbar target 12 kursi yang diinginkan dapat tercapai.

Dan ia meyakini beberapa dapil akan bisa mendongkrak perolehan kursi antara lain dapil Kalbar I (Pontianak), dapil Kalbar II (Kubu Raya Mempawah), dapil Kalbar III (Bengkayang-Singkawang) dan dapil Kalbar IV (Sambas).

Keyakinan Yuliansyah dilatar belakangi Partai Gerindra memiliki kader yang menjadi kepala daerah. “Apalagi kita memiliki tokoh-tokoh yang berpotensi dan wajah baru yang bergabung di Gerindra,” ungkapnya.

Menyinggung Sistem Pemilu, Yuliansyah menyatakan Partai Gerindra Kalbar mendukung sistem pemilu proposional terbuka karena dinilai mengedepankan demokrasi.

Baca Juga:

Saat ini Partai Gerindra memiliki 7 kursi di DPRD Kalbar, antara lain diperoleh dari daerah pemilihan :

Dapil Kalbar I (Pontianak) atas nama H. Ishak Ali Al Muthahar.

Dapil Kalbar II (Mempawah – Kubu Raya) atas nama Yuliana

Dapil Kalbar III (Bengkayang – Singkawang) atas nama Aleksander

Dapil Kalbar IV (Sambas) atas nama Suriansyah

Dapil Kalbar VI (Sanggau – Sekadau) atas nama Cok Hendri Ramapon yang kemudian di-PAW dengan Hendri Makaluasc

Dapil Kalbar VII (Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu, dan Kabupaten Melawi) atas nama Greogorius Herkulanus Bala

Dapil Kalbar VIII (Ketapang – Kayong Utara) atas nama Heronimus

Di DPRD Kalbar, partai yang bergabung dengan Fraksi Gerindra adalah PKPI dan Perindo yang masing-masing memiliki 1 kursi.

(rob)