Description

Penyebab Terjadi Gerhana Matahari Hibrida

Penyebab terjadi gerhana matahari hibrida
Penyebab terjadi gerhana matahari hibrida. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Gerhana matahari hibrida adalah suatu peristiwa yang terjadi Ketika bumi berada satu garis dengan bayang bulan sehingga cahaya matahari-bumi terhalangi oleh bulan. Alhasil tidak semuanya sampai ke bumi.

Penyebab Gerhana matahari terjadi karena sejajar garis periodeik antara matahari, bumi, dan bulan. Dalam orbitnya, ketiga planet ini termasuk jenis yang mudah diprediksi pergerakan jalurnya. Peristiwa ini terjadi tergantung orbit bulan pada setiap bulan dan terjadi antara 27 dan 29 hari. Jadi terkadang bulan melintas terlalu tinggi atau rendah sehingga mengakibatkan gerhana matahari.

Gerhana matahari Hibrida yang akan terjadi relative sangat langka disebabkan oleh Ketika matahari, bulan dan bumi berada di satu garis yang sama, sehingga dikarenakan peristiwa ini, hanya sedikit piringan bumi yang terlihat.

Maka gerhana matahari akan terlihat menyerupai cincin, berbentuk bayang gelap bulat dan ada garis terang melengkung di pinggirnya. Saat proses itu terjadi, matahari akan terlihat ditutupi atau dihalangi langsung oleh bulan. Salah satu penyebab gerhana matahari juga dikarenakan adanya revolusi bumi yang terjadi. Semoga Bermanfaat.(*)