Description

Peran Customer Relationship Management Meningkatkan Penjualan

Peran Customer Relationship Management meningkatkan penjualan
Peran Customer Relationship Management meningkatkan penjualan. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Saat ini perkembangan teknlogi sudah semakin canggih dalam memenuhi kebutuhan bisnis. Terutama dalam membangun customer relationship. Sebagian besar bisnis telah menerapkan Customer Relationship Management (CRM) dalam menjalin hubungan dengan pelanggan guna meningkatkan penjualan.

Terdapat beberapa fungsi CRM untuk bisnis sebagai berikut :

• Melacak prospek atau calon pembeli. CRM membantu bisnis dalam melacak perilaku calon pelanggan potensial dengan merekam Riwayat percakapan.

• Mengelola hubungan pelanggan. Hal ini juga membantu bisnis untuk melacak seluruh informasi dan data terkait pelanggan. Inti termasuk informasi tentang produk yang dibeli, tanggal transaksi, jumlah pembelian, dan masih banyak lagi.

• Meningkatkan penjualan. CRM memungkinkan bisnis memaksimalkan potensi dari daya pelanggan yang ada untuk menjadi pelanggan loyal.

• Meningkatkan customer support. Seperti mengelola pesanan pelanggan, melacak permasalahan pelanggan dan bagaiman cara mengatasinya serta memprioritaskan respon kepada pelanggan berdasarkan customer value.

• Mengotomatisasi bisnis. Sistem customer relationship management membantu dalam mengotomatisasi tugas yang repetitif sehingga bisnis dapat berfokus pada hal yang lebih penting yaitu meningkatkan penjualan.

CRM memiliki beberapa manfaat sebagai berikut :

• Mendorong loyalitas pelanggan dengan memberikan layanan konsisten, juga kemudahan dalam mengakses dan menerima informasi, sehingga pelanggan akan merasa diperhatikan dan mulai timbul rasa loyalitas yang ditanamkan pada perusahaan.

• Mengurangi biaya karena hanya fokus melakukan penjualan dan pelayanan terhadap pelanggan maupun calon pelanggan.

• Peningkatan Pendapatan seiring dengan peningkatan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, serta meningkatkannya efisiensi operasional.

CRM sangatlah efektif dalam membantu bisnis anda dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Semoga Bermanfaat.(*)