Description

Meminjam Uang di Bank Untuk Usaha

Meminjam uang di bank untuk usaha
Meminjam uang di bank untuk usaha. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Seperti diketahui, Anda pasti membutuhkan modal untuk membuka usaha. Salah satu caranya adalah dengan meminjam uang di bank.

Cara meminjam uang di bank untuk modal usaha di bawah ini bisa Anda lakukan. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Cara Meminjam Uang di Bank untuk Modal Usaha

Pinjaman uang dari bank bisa dengan jaminan atau tanpa jaminan. Yang biasa dijadikan pilihan untuk meminjam modal usaha adalah pinjaman tanpa jaminan atau yang disebut dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Kredit Tanpa Agunan biasanya memiliki tenggang waktu maksimal 2-5 tahun untuk sekali pinjaman dan jumlah uang yang dipinjamkan sekitar Rp50.000.000. Berikut cara meminjam uang di bank untuk modal usaha:

  1. Menentukan Bank yang Dituju

Sebelum memutuskan bank yang akan dipilih maka disarankan untuk melakukan survei terhadap bank yang menyediakan jasa KTA. Kemudian catat informasi persyaratan, jumlah dana yang bisa dipinjam, waktu tenor yang diberikan, memahami kekurangan dan kelebihan dari jasa pinjaman yang ditawarkan.

  1. Melengkapi Dokumen Persyaratan

Agar pengajuan pinjaman disetujui, seluruh dokumen yang diminta ataupun dokumen pendukung harus dilengkapi dengan benar. Beberapa dokumen yang biasa diminta adalah:

• Formulir pengajuan pinjaman
• Fotokopi kartu identitas, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
• Surat Nikah jika sudah menikah
• Slip gaji atau pendapatan
• Surat Izin Usaha
• Fotokopi buku tabungan
• Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
• Dokumen lainnya sesuai permintaan bank yang dituju

Apabila sistem peminjaman tersebut adalah pinjaman dengan jaminan, maka perlu diserahkan dokumen-dokumen aset seperti sertifikat kepemilikan barang yang dimiliki. Jaminan ini berguna untuk melengkapi pengembalian dana yang dipinjam jika tidak sanggup membayar pada tanggal jatuh tempo.

  1. Meyakinkan Pihak Bank dengan Usaha yang Akan Dibuka

Saat mengajukan formulir dan berkas lainnya, harus disebutkan kepada pihak bank rincian dari usaha yang dibuka untuk meyakinkan pihak bank.

  1. Tenang saat wawancara

Hindari perasaan tegang saat melakukan wawancara dengan orang bank tersebut. Saat wawancara diharapkan untuk tetap tenang dan tidak tergesa-gesa saat menjawab dan menjelaskan semua yang diminta oleh pihak bank.

  1. Perkirakan Waktu Tenor yang Sanggup Dilunasi

Waktu tenor atau waktu pengembalian dana maksimal biasa digunakan dalam jasa pinjaman tanpa adanya jaminan. Waktu pengembalian dana sangat fleksibel dan bebas kapan saja asalkan masih masuk dalam batas waktu maksimum pembayaran.

  1. Nilai Kredit

Besar nilai kredit masing-masing berbeda tergantung jumlah karyawan yang bekerja di bank tersebut. Untuk itu harus pandai memilih bank dengan angka kredit yang rendah sehingga bunga yang dibayarkan juga rendah.(*)