Description

Puasa Daud: Keutamaan, Cara Melakukan dan Amalan yang Dianjurkan

Puasa Daud: Keutamaan, Cara Melakukan dan Amalan yang Dianjurkan
Puasa Daud: Keutamaan, Cara Melakukan dan Amalan yang Dianjurkan. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Salah satu puasa sunnah yang dapat dilakukan adalah Puasa Daud. Sejarah singkatnya, Nabi Daud istiqamah melakukan amalan-amalan wajib dan sunnah. Salah satu amalan sunnah yang dijadikan panutan adalah puasanya yang dikenal dengan puasa Daud.

Nabi Daud rutin melakukan puasa selang-seling sepanjang hidupnya. Untuk umat Nabi Muhammad, puasa ini hukumnya sunnah. Adapun jika melaksanakan puasa Nabi Daud pada hari Jumat hukumnya mubah atau diperbolehkan. Hal ini karena sedang menjalankan rangkaian puasa Nabi Daud. Apa itu Puasa Daud, Keutamaan, Cara, Melakukan dan Amalan yang Dianjurkan

Berikut ini ulasan Puasa Daud Keutamaan Cara Melakukan dan Amalan yang Dianjurkan

Cara Melakukan Puasa Nabi Daud

Untuk tata cara Puasa Nabi Daud tidak ada bedanya dengan puasa lainnya. Hanya perbedaannya terdapat di niat. Adapun niat puasa Nabi Daud yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Huruf latin: Nawaitu Shauma Daawuda sunnatal lillahi ta’ala.

Artinya : “Saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta’ala”.

Keutamaan Puasa Nabi Daud

Keutamaan puasa Nabi Daud yakni puasa ini lebih disukai Allah dibandingkan puasa sunnah lainnya. Hal ini sesuai sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا ، وَأَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ ، كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ

“Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Sholat yang paling disukai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. (HR. Bukhari).(*)