Description

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Berpuasa

Menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa
Menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa

BerkatnewsTV. Selama berpuasa di bulan Ramadan, kita diharuskan menahan lapar dan haus. Karena tidak boleh makan dan minum, kita perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa? Berikut ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber.

Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Selama Ramadhan, sebaiknya sikat gigi dua kali sehari yaitu setelah sahur dan berbuka atau pada malam hari sebelum tidur.

Gunakan Mouthwash dan Floss

Setelah sahur dan berbuka, Anda bisa menggunakan benang dan obat kumur setelah sikat gigi. Tujuannya untuk membersihkan sisa makanan yang masih tertinggal dan tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan mulut.

Perbanyak Minum Air Putih

Dehidrasi terjadi selama puasa yang dapat menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, ingatlah untuk memperbanyak konsumsi air putih di saat sahur agar terhindar dari dehidrasi selama puasa Ramadhan.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Nutrisi dan antioksidan dalam kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan dapat memperkuat kemampuan tubuh untuk melawan peradangan dan bakteri. Ini sangat bermanfaat untuk kesehatan gusi dan gigi Anda. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur selama puasa untuk membantu menjaga mulut lebih sehat.

Hindari Semua Jenis Makanan yang Lengket

Makanan apa pun yang mengandung pati atau gula dapat menyebabkan kerusakan gigi dan melarutkan enamel. Oleh karena itu, hindari semua jenis makanan yang lengket agar tidak merusak kesehatan gigi.(*)