Description

Puasa Ayyamul Bidh: Pengertian, Keutamaan, dan Amalan yang Dianjurkan

Puasa Ayyamul Bidh: Pengertian, Keutamaan, dan Amalan yang Dianjurkan
Puasa Ayyamul Bidh: Pengertian, Keutamaan, dan Amalan yang Dianjurkan. desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Menjalankan puasa baik itu puasa sunnah ataupun puasa wajib sama-sama memiliki manfaat. Selain mendapat pahala, mengerjakan puasa sunnah juga membuat seseorang menjadi lebih baik. Salah satunya adalah puasa Ayyamul Bidh.

Berikut akan dikupas tentang puasa Ayyamul Bidh, Pengertian, keutamaan, dan amalan yang dianjurkan

Pengertian Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh ini merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 13, 14, 15 pada setiap bulan hijriyah. Puasa ini juga disebut puasa putih karena bertepatan dengan bulan purnama yang bersinar putih.

Akan tetapi puasa ini tidak selalu dapat dilakukan terutama pada tanggal 13 bulan Dzulhijjah. Hal tersebut dikarenakan pada tanggal tersebut dikenal sebagai bagian hari tasyriq di mana diharamkan melakukan puasa pada tanggal tersebut di bulan Dzulhijjah. Oleh karena itu umat Islam lebih memilih untuk tidak melakukan puasa pada tanggal tersebut.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Apabila seseorang melaksanakan dan mengamalkan puasa tiga hari ini maka sama halnya telah melakukan puasa selama satu bulan. Apabila puasa ini dilakukan oleh seseorang setiap bulan maka ibarat dia melakukan puasa dalam setahun penuh. Begitulah salah satu keutamaan dari melaksanakan dan mengamalkan puasa tiga hari ini dalam kehidupan kita.

Manfaat Puasa Ayyamul Bidh

  1. Mengamalkan Sunnah Rasul.
  2. Mendapatkan pahala yang besar sebagai bekal di akhirat.
  3. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.