Description

Mengatasi Tantangan Berpuasa. Cara Menjaga Produktivitas dan Konsentrasi

Mengatasi tantangan berpuasa. Menjaga Produktivitas dan Konsentrasi
Mengatasi tantangan berpuasa. Menjaga Produktivitas dan Konsentrasi. desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Mengatasi tantangan berpuasa menjadi salah satu bahasan yang sangat menarik dikupas kali ini.

Berpuasa bukan menjadi alasan untuk tidak produktif. Di saat puasa seperti ini, kita perlu menjaga stamina tubuh supaya produktivitas dan konsentrasi tetap terjaga walaupun kurangnya asupan makanan dan minuman sepanjang hari.

Mengatasi Tantangan Berpuasa. Cara Menjaga Produktivitas dan Konsentrasi

Jadi, bagaimana cara menjaga produktivitas dan konsentrasi saat berpuasa? Berikut ulasannya.

Niat

Niat adalah nomor 1, karena ketika sudah memiliki niat untuk bekerja dengan semangat dan produktifitas yang tinggi, maka puasa tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan dalam bekerja.

Porsi makan saat sahur yang cukup

Ingat ketika sahur dan berbuka puasa, itulah saatnya mengisi energi dalam tubuh. Namun, bukan berarti porsi makanan yang diambil harus berlebihan. Untuk sahur, makanlah secukupnya, karena makan berlebihan akan membuat badan lemas dan mengantuk. Jangan lupa perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Atur jam tidur

Ketika tidur malam, yang terbiasa tidur larut malam lebih baik menghindarinya selama bulan puasa ini. Cobalah tidur lebih awal karena akan bangun lebih awal dari bulan-bulan biasanya untuk sahur sehingga saat bekerja di siang hari tidak mengantuk dan lemas.

Isi jam istirahat dengan kegiatan positif

Manfaatkan jam istirahat makan siang dengan aktivitas-aktivitas yang menyegarkan diri, misalnya berjalan-jalan di lingkungan kantor, ngobrol hal-hal positif dengan rekan sekantor, dan melihat video-video manfaat di youtube. Bisa juga mengisinya dengan tidur siang, selama 20-30 menit. Dengan begitu badan akan merasa segar dan siap bekerja kembali.

Rutin beribadah

Poin penting dari bulan puasa adalah ibadah yang rutin dan tidak bolong. Jika sebelumnya sulit untuk beribadah secara rutin, ini adalah bulan yang tepat untuk memperbaiki ritme beribadah. Terakhir, lakukan kegiatan ibadah dengan ikhlas dan senang hati.

Menjaga kesehatan tubuh

Hindari makanan yang tidak menyehatkan misalnya makanan gorengan dan minuman es yang berlebihan, hindari juga kegiatan yang tidak mendukung produktivitas dan bahkan menguras banyak stamina seperti olahraga berat. Jika badan sehat, maka pekerjaan apapun dapat dilalui dan dapat produktif secara maksimal.(*)