Peredaran Uang di Cap Go Meh Rp2 Miliar per Hari

Bupati Sambas Satono saat membuka perayaan Cap Go Meh di Sambas, Senin (6/2). Foto: dra
Bupati Sambas Satono saat membuka perayaan Cap Go Meh di Sambas, Senin (6/2). Foto: dra

Sambas, BerkatnewsTV. Diperkirakan uang yang beredar selama perayaan Cap Go Meh di Sambas yang berlangsung enam hari sebesar Rp2 miliar per hari.

“Geliat ekonomi sangat dirasakan selama Cap Go Meh meningkat signifikan. Diperkirakan selama 6 hari rangkaian perayaan Cap Go Meh uang yang beredar hampir Rp2 miliar setiap hari,” ungkap Bupati Sambas Satono saat membuka perayaan Cap Go Meh, Senin (6/2).

Satono berharap event budaya ini memberikan multiplier effect pada sektor UMKM di Pemangkat dan kota kota lain di Sambas.

“Mudah – mudahan tahun depan kegiatan ini akan lebih besar lagi sehingga dirasakan para pedagang kecil yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan,” harapnya.

Baca Juga:

Salah seorang pedagang minuman Erna mengaku telah meraup keuntungan dua kali lipat dari hari biasa.

“Selama 6 hari lumayan lah. Pendapatan meningkat dua kali lipat dari hari biasa,” ungkapnya.

Perayaan Cap Go Meh pada Senin (6/2) dimeriahkan atraksi ratusan tatung di Pasar Pemangkat. Ribuan warga padati ruas jalan yang dilalui para tatung.

Para tatung tidak hanya berasal dari Pemangkat namun juga dari luar pemangkat seperti Singkawang dan kecamatan lain di Sambas. Sehari sebelumnya, para tatung mengikuti ritual tolak bala dalam bentuk pencucian jalan.(dra)