Description

Tingkatkan Kesadaran Bela Negara

Di tengah situasi yang semakin pelik saat ini, semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara sangat dibutuhkan oleh seluruh elemen masyarakat
Wakil Bupati Ketapang bersama Forkompinda Ketapang saat memperingati HUT ke-74 Bela Negara di Halaman Kantor Bupati Ketapang, Senin (19/12). Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Di tengah situasi yang semakin pelik saat ini, semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara sangat dibutuhkan oleh seluruh elemen masyarakat.

Menurut Wakil Bupati Ketapang, Farhan bela negara merupakan sikap, perilaku dan tindakan warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara.

Bela negara tambah Farhan merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengambidan kepada bangsa dan negara.

“Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang, dan juga kita harus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara,” ujarnya saat peringatan Hari Bela Negara ke-74, Senin (19/12).

Baca Juga:

Ia sebutkan nilai dasar bela negara meliputi cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila dan ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara juga kemampuan awal bela negara.

“Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,” pungkasnya.(naf)