banner 728x250

Kursor Laptop Tidak Bisa Bergerak

Kursor laptop tidak bisa bergerak
Kursor laptop tidak bisa bergerak. Desain grafis berkatnewstv

BerkatnewsTV. Kita tentu sudah tidak asing dengan kursor. Sebuah panah kecil di layar yang bisa kita gerakkan sesuka hati untuk mengontrol laptop kita dengan mouse maupun touchpad.

Kursor laptop yang tidak bisa bergerak tentunya dapat menghambat pekerjaan. Namun, masalah ini cukup sering terjadi. Banyak hal yang menyebabkan kursor laptop tidak bergerak, namun bisa jadi hanya masalah sepele.

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, maka tak perlu bingung lagi. Jika kursor laptop tidak bisa bergerak, maka berikut adalah penjelasannya.

Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bisa Bergerak
  1. Cek Mouse Eksternal yang Digunakan

Bagi Anda yang biasa menggunakan mouse tambahan untuk menjalankan kursor, maka bisa jadi ada masalah pada mouse tersebut. Cobalah untuk menggerakkan kursor lewat touchpad, lalu cek apakah kursor bergerak atau tidak.

Jika masalah memang ada pada mouse eksternal, segera ganti dengan perangkat yang masih berfungsi.

Apabila Anda tidak biasa menggunakan mouse dan kursor tidak bergerak saat touchpad diusap, maka bisa mencoba cara lainnya.

  1. Perhatikan Tombol Fungsi

Terkadang, masalah kursor tidak bergerak Windows 10 bisa terjadi karena Anda secara tidak sadar menekan tombol fungsi dan menonaktifkan touchpad. Berikut adalah cara memperbaiki kursor laptop tidak bergerak:

Cari tombol fungsi yang berlogo touchpad. Tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad berbeda-beda, tergantung pada merek laptop. Biasanya, terletak antara F5 hingga F9.

Tekan tombol tersebut dan gerakan kursor laptop. Apakah masih tidak bergerak atau sudah teratasi.

  1. Restart Sistem

Mematikan dan menghidupkan kembali laptop ternyata dapat memperbaiki masalah di dalamnya, termasuk kursor pada laptop yang tidak berfungsi. Saat sitem operasi tidak merespons atau terhenti, maka perangkat keras lain akan berhenti bekerja.

  1. Periksa Kotoran

Pernah makan dan menggunakan laptop sekaligus? Mungkin saat lapar melanda dan dikejar deathline akan membuat kita makan didepan laptop. Minyak dan kotoran jari dari makanan maupun zat lainnya dapat menumpuk di bagian panel atau kursor dan membuatnya bermasalah. Ada baiknya untuk membersihkan kotoran secara teratur di bagian laptop dengan menggunakan kain microfiber.

  1. Putuskan Perangkat Bluetooth

Jika touchpad tidak berfungsi dengan baik, mungkin saja ada perangkat lain yang telah disambungkan pada laptop dan menyebabkan kursor tak bergerak. Putuskan sambungan mouse bluetooth, gamepad, atau perangkat eksternal lainnya yang terhubung melalui USB, kemudian cobalah untuk restart laptop.

  1. Aktifkan Touchpad

Sangat mudah untuk menonaktifkan touchpad dengan menekan tombol Fungsi (Fn) akan tetapi, Anda dapat mengaktifkannya kembali pada pengaturan.

Berikut cara mengaktifkan touchpad laptop di Windows 10:

• Tekan tombol Windows dan ketik “Touchpad”, kemudian pilih pengaturan touchpad.
• Periksa untuk melihat apakah touchpad diaktifkan, jika dimatikan tekan Shift + Tab untuk menavigasi opsi.
• Tekan Spacebar untuk mengaktifkan fitur touchpad, lalu uji touchpad untuk melihat apakah sudah berfungsi.

Berikut cara mengaktifkan touchpad pada MacBook:

• Buka System Preferences > Accessibility, lalu pilih Mouse & Trackpad di menu sebelah kiri.
• Jika kotak centang abaikan trackpad internal saat mouse trackpad nirkabel ada, dan batalkan pilihannya.

  1. Perbarui Driver Laptop

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara lain, bisa jadi ada masalah pada driver perangkat. Jika Anda pengguna MacBook periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia pada System Preferences. Jika Anda menggunakan PC, dapat memperbarui driver secara manual.

Kursor atau touchpad yang rusak tentu dapat menghambat saat kita sedang menggunakan laptop akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena masalah satu ini dapat diatasi dengan mudah. Selain itu Anda dapat mengganti sementara dengan menggunakan mouse. Semoga bermanfaat.(*)