Penguatan Kompetensi Lulusan, Mahasiswa Prodi BK IKIP PGRI KKL di SLB dan LPKA

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling (BK) IKIP PGRI Pontianak melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di SLB dan LPKA pada 27 dan 29 Juli 2022.
Mahasiswa Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling (BK) IKIP PGRI Pontianak melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di SLB dan LPKA pada 27 dan 29 Juli 2022. Foto: Novi

Pontianak, BerkatnewsTV. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling (BK) IKIP PGRI Pontianak melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

KKL kali ini berlangsung di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kinasih Pontianak dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

“KKL ini merupakan implementasi mata kuliah pelayanan BK dalam kondisi khusus,” jelas Dosen Prodi Bimbingan Konseling IKIP PGRI Pontianak, Novi Andriati, Sabtu (30/7).

Ia sebutkan KKL bertujuan melatih mahasiswa untuk berinteraksi dengan individu yang berkebutuhan khusus, baik dari fisik dan psikis.

“Sehingga membuat individu tersebut memiliki konsep diri yang baik serta terbentuknya sikap empati mahasiswa kepada sesama manusia,” ujarnya.

Baca Juga:

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dilaksanakan pada Rabu (27/7) di SLB Kinasih Pontianak dan Jumat (29/7) di LPKA Sungai Raya itu diikuti 27 mahasiswa dan 17 Dosen Pendamping.

“KKL berjalan lancar serta memberikan pengaruh yang positif bagi SLB dan LPKA. Terbukti banyak sekali siswa SLB yang merasa dekat dengan mahasiswa dan sudah mengenal nama kakak mahasiswanya serta mau bersalaman pada saat pulang sekolah,” terangnya.

Bahkan ia sebutkan anak didik di LPKA juga merasa senang dan ikut dalam kegiatan tersebut serta aktif dalam interaksi konseling.

Hal tersebut membuktikan bahwa peran BK sangat dibutuhkan tidak hanya di sekolah biasa dan individu yang normal saja.(tmB)