Description

Presiden Intruksikan Peningkatkan Produksi Gula Nasional

Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pertanian dan Menteri BUMN agar meningkatkan produksi gula konsumsi nasional serta pemenuhan kebutuhan gula nasional sesegera mungkin.
Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pertanian dan Menteri BUMN agar meningkatkan produksi gula konsumsi nasional serta pemenuhan kebutuhan gula nasional sesegera mungkin. Foto: dok berkatnewstv

Jakarta, BerkatnewsTV. Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pertanian dan Menteri BUMN agar meningkatkan produksi gula konsumsi nasional serta pemenuhan kebutuhan gula nasional sesegera mungkin.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta kedua menteri tesebut untuk segera menindaklanjuti instruksi presiden tersebut dengan menyusun strategi dan mempersiapkan berbagai langkah yang tepat dalam memenuhi kebutuhan gula nasional.

“Salah satunya dengan mengakselerasi pengurangan impor gula demi mencapai swasembada dalam lima tahun kedepan,” kata Bambang dalam keterangan resminya yang diterima redaksi, Sabtu (23/7).

Disamping itu tambah pejabat yang kerap disapa Bamsoet ini meminta Kementerian BUMN untuk berupaya melakukan penguatan produksi yakni melalui pendekatan bisnis dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Baca Juga:

Ia mencontohkan holding perkebunan PTPN, holding pangan ID FOOD, Bulog, pihak swasta hingga asosiasi untuk bisa melaksanakan hilirisasi gula dan mencapai target kebutuhan gula nasional sebesar 7,3 juta ton per tahun.

“Mengingat, produksi gula nasional baru mencapai 2,35 juta ton yang mana seluruhnya digunakan untuk gula konsumsi,” ungkapnya.

Bamsoet juga mengingatkan pemerintah bersama Kepala Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA) untuk terus berkomitmen mengawal stabilisasi pasokan, stabilitas harga jual gula dari tingkat petani hingga konsumen dan harga komoditas gula, disamping terus berupaya mendorong penguatan stok gula nasional.(tmB)