Buah Lokal Sanggau Merambah Pasar Ekspor

Pekawai salah satu buah unggulan lokal Kabupaten Sanggau yang telah merambah pasar ekspor.
Pekawai salah satu buah unggulan lokal Kabupaten Sanggau yang telah merambah pasar ekspor. Foto: dok berkatnewsTV

Sanggau, BerkatnewsTV. Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan (DKPTHP) Kabupaten Sanggau terus berupaya mempromosikan buah unggul lokal.

Promosi dilakukan dengan mengikut sertakan buah-buahan unggulan lokal Sanggau di setiap even yang diselenggarakan.

Description

Demikian disampaikan Kepala Dinas KPTHP Kabupaten Sanggau Kubin kepada wartawan belum lama ini.

Dilkatakan Kubin, beberapa buah unggul lokal yang ada di Sanggau, sebenarnya sudah ada beberapa yang familiar atau hampir menasional di tanah air, diantaranya buah tampui, buah belimbing darah, buah pekawai, buah mentawak, buah pinggan, buah trap, dan masih banyak jenis lainnya.

“Cuma persoalan itu kan rata-rata buah yang tumbuh di hutan, nah yang perlu kita pikirkan itu bagaimana kita mampu membudidayakan buah-buah lokal ini sehingga tidak tergantung pada musim. Contohnya durian serumbut yang terkenal itu, kan sedang dibudidayakan oleh Kementerian Pertanian,” ungkapnya, Senin (18/7).

Baca Juga:

Bahkan, untuk kelompok durian unggul lokal sudah ada yang dijual ke Jakarta, bahkan ada yang dikemas untuk kemudian diekspor ke Amerika.

“Tahun lalu menurut Karantina provinsi kurang lebih 500 ton durian Kalbar diekspor ke Amerika dan Thailand dari pelabuhan Pontianak, hanya saja tidak dirinci asal Sanggau berapa, Sintang berapa, Landak berapa, yang pasti durian Sanggau ada,” ungkapnya.

Untuk buah unggul lokal Pekawai misalnya, lanjut Kubin, ada Kelompok Pengelola Hutan (KPH) yang membantu membeli buah unggul lokal Pekawai petani untuk dipasarkan ke luar Sanggau.

“Mereka beli ke kampung-kampung untuk di jual ke Jakarta, Bandung, Semarang, termasuk juga buah Tampui,” pungkasnya. (pek)

Description