Description

Cara Sederhana Cegah Sapi Sakit PMK ala Kang Gason

Kang Gason salah satu peternak sapi di Gang Keluarga Desa Arang Limbung yang merawat sapinya dengan cara sederhana mencegah sakit PMK
Kang Gason salah satu peternak sapi di Gang Keluarga Desa Arang Limbung yang merawat sapinya dengan cara sederhana mencegah sakit PMK. Foto: Tommy

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak sapi ternyata berpotensi merusak populasi.

Meskipun tidak berdampak buruk pada kesehatan manusia tetapi PMK akan menjadi masalah dari sisi perekonomian apabila tidak segera diatasi.

Kendati ada peluang hewan ternak akan sehat, tetapi menurut salah satu peternak sapi di Gang Keluarga Parit Bugis Desa Arang Limbung Kecamatan Sui Raya, Mukson bahwa sapi harus tetap mendapat perawatan khusus guna mencegah terjangkit wabah PMK.

Ia menyampaikan setidaknya ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan supaya wabah PMK tidak menjangkit pada sapi ternak.

Lingkungan yang kotor akan semakin mendukung penyebaran wabah PMK. Maka sebaiknya selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama di tempat penampungan hewan kurban.

Baca Juga:

Kang Gason biasa pria ini disapa pun memberikan sejumlah tips bagi para peternak agar sapi tidak terjangkit PMK.

“Lantainya dibersihkan dengan cairan antiseptik yang murah, lakukan pengasapan rutin untuk membunuh larva lalat dan kutu, Selain itu, pastikan aliran air di kandang tetap lancar, khususnya di tempat pembuangan kotoran hewan,” jelasnya.

Selain memperhatikan faktor eksternal, dukungan dari faktor internal juga tak kalah penting.

Caranya bisa dimulai dengan memperhatikan asupan nutrisi ternak seperti memberi pakan yang cukup.

“Saya memberi rumput pilihan yang baik untuk pakan ternak agar sapi tetap sehat dan dilakukan dua kali sehari untuk pemberian pakan sapi,” terangnya.

Jika upaya itu sudah dilakukan insyaallah sapi ternak yang dipelihara bakal sehat dan terhindar dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).(tom)