Description

Fokus Ibadah, Midji Harap Jemaah Haji Jangan Berbelanja

Gubernur Kalbar dan Wagub Kalbar saat melepas Calon Jemaah Haji Kalbar kolter I embarkasi Batam
Gubernur Kalbar dan Wagub Kalbar saat melepas Calon Jemaah Haji Kalbar kolter I embarkasi Batam di tahun 2022. Foto: dok berkatnewstv

Pontianak, BerkatnewsTV. Sebanyak 444 Calon Jemaah Haji (CJH) Kalbar kelompok terbang (kloter) I, hari ini mulai diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah melalui embarkasi Bandara Hang Nadim Batam.

Ke-444 CJH ini menggunakan pesawat Lion Air yang dibagi menjadi tiga flight atau penerbangan di Bandara Supadio Kubu Raya.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengingatkan kepada seluruh para Calon Jamaah Haji untuk fokus melakukan ibadah saja dan tidak berbelanja setibanya di Kota Mekkah dan Kota Madinah.

“Karena cuaca yang panas, saya harap para jamaah fokus beribadah saja. Jangan sampai di Kota Madinah sudah berbelanja. Kasihan bapak dan ibu, jadi tidak fokus ibadah. Untuk oleh-oleh, saya sarankan pesan di Indonesia saja. Sebab semua produk oleh-oleh di sana sudah ada di Indonesia dan produknya pun sama persis,” pesannya saat melepas keberangkatan CJH, Rabu (15/6).

Baca Juga:

Sutarmidji juga berpesan CJH Kalbar selalu menjaga kesehatan karena berdasarkan informasi yang didapatnya suhu udara di sana sangat panas.

“Setahu saya, hari ini suhu di Mekkah mencapai 46° Celcius. Jadi, bapak dan ibu harus mempersiapkan diri dengan baik. Mudah-mudahan cuaca di Kota Madinah tidak terlalu panas,” ujarnya.

Selain itu, Sutarmidji juga berharap CJH Kalbar ematuhi semua perintah dari pihak panitia penyelenggara dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar tidak terkena Covid-19 selama melaksanakan ibadah haji.

“Jika disuruh pakai masker, harus dipakai. Bapak ibu jangan mengatakan tawakal, semua orang memang harus tawakal, akan tetapi usaha sehat harus didahulukan. Covid-19 itu ada dan berbahaya. Jadi, harus pakai masker agar sehat saat menjalankan ibadah haji,” pintanya.

Salah satu Calon Jemaah Haji, Haryadi mengatakan dirinya telah mempersiapkan sejak lama untuk menunaikan ibadah haji.

“Alhamdullilah, akhirnya saya mendapatkan kuota tahun ini untuk berangkat haji,” ucapnya.

Ia pun menyatakan akan mengingat yang dipesan Gubernur Kalbar selama menjalankan ibadah haji.

“Yang dikatakan Gubernur Kalbar memang benar. Maksudnya agar kita juga ndak repot dengan belanja atau tetek bengek lain. Tujuan kita ke sanakan ibadah,” pungkasnya.(tmB)