Description

Yonif 643/Wns Tangani 1017 Kasus. Ilegal Entry Dominasi di Perbatasan RI

Kasdam saat memeriksa pasukan 643/Wns yang telah mengakhiri masa tugasnya sebagai Satgas Pamtas RI - Malaysia di sektor Barat Kalbar.
Kasdam saat memeriksa pasukan 643/Wns yang telah mengakhiri masa tugasnya sebagai Satgas Pamtas RI - Malaysia di sektor Barat Kalbar. Foto: ist

Mempawah, BerkatnewsTV. Satgas Pamtas RI – Malaysia Batalyon Infanteri Mekanis 643/Wanara Sakti telah selesai melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan di wilayah Sektor Barat Kalbar. Satgas ini kemudian digantikan oleh Yonif 645/Gty.

Selama 9 bulan bertugas menjaga perbatasan RI – Malaysia, Yonif Mekanis 643/ Wns telah banyak menangani berbagai kasus ilegal.

Tercatat sebanyak 1017 kasus yang telah ditanganinya, antra lain narkoba 8 kasus, ilegal entry 872 kasus, ilegal trading 10 kasus, ilegal logging 2 kasus, ilegal satwa 6 kasus, Senpi dan Muhandak 119 kasus.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar Kodam XII/Tpr, saya sangat mengapresiasi atas prestasi dan keberhasilan yang telah ditorehkan tersebut,” ucap Kasdam XII/ Tpr Brigjen TNI Djauhari saat upacara penerimaan di Markas Yonif Mekanis 643/ Wns di Anjongan Mempawah, Selasa (31/5).

Baca Juga:

Kasdam menegaskan, sebagai prajurit Sapta Marga dan prajurit profesional, agar menyadari bahwa prestasi yang telah diraih harus dapat dipertanggung jawabkan dan dipertahankan bahkan dijadikan pelajaran serta sumber inspirasi guna menghadapi tugas selanjutnya.

“Dengan selesainya penugasan ini, kepada para unsur pimpinan agar segera melaksanakan konsolidasi, periksa kembali materiil terutama senjata, amunisi serta perlengkapan lainnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Siapkan satuan dan prajurit untuk berlatih agar senantiasa siap operasional dan siap tempur untuk melaksanakan tugas-tugas kedepan,” Kasdam mengingatkan.(rls/tmB)