Description

Hilal Diatas Empat Derajat, Idulfitri Jatuh Hari Senin 2 Mei 2022

Jakarta, BerkatnewsTV. Pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah mengumumkan hari raya Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022.

Keputusan itu disampaikan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Quomas dalam sidang isbat, Minggu (1/5) malam.

“Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah diatas ufuk dan laporan hilal sudah terlihat, bahwa 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022,” kata Yaqut.

Dijelaskan Yaqut, laporan para petugas yang tersebar di 99 titik di 34 provinsi seluruh Indonesia telah melihat posisi ketinggian hilal diatas 4 derajat hingga 5 derajat.

Dalam menetapkan posisi ketinggian hilal, pemerintah menggunakan dua metode yakni metode hisab dan rukyat.

“Kedua metode ini bukan lah dua metode yang diperhadapkan atau dipertentangkan karena saling melengkapi satu sama lain karena keduanya sangat penting. Oleh karena itu seorang perukyat harus menguasai hisab karena tanpa hisab tidak bisa merukyat yang baik, begitu juga hisab sebuah hal yang sifatnya informatif tentang ketinggilan hilal lalu dirukyat,” terangnya.

Baca Juga:

Sementara itu Ketua MUI KH Abdullah Jaidi mengingatkan hal penting dalam merayakan Idulfitri tahun ini.

“Mari lah kita isi hari raya Idulfitri tahun ini dengan selain kegembiraan juga berbagi kasih sayang dalam kehidupan, menyantuni anak yatim, fakir miskin dan lainnya. Sehingga tidak sekadar kesolehan daripada ibadah kita tapi juga kesolehan sosial dalam berinteraksi di kehidupan bermasyarakat,” ucapnya.

Selain itu Abdullah Jaidi juga mengajak umat Islam untuk selalu memperkuat ukhuwah Islamiyah, ukhuwah watoniah dan ukhuwah basariah.(tmB)