Description

10 Ide Kreatif  di Bulan Ramadhan yang Bakal Menghasilkan Pemasukan

Ilustrasi Desaign BerkatnewsTV
Ilustrasi Desaign BerkatnewsTV

BerkatnwesTV – Ide kreatif di bulan ramadhan memang menjadi momok yang menyenangkan dan peluang yang sangat bagus untuk menghasilkan pundi rupiah. Apalagi, biasanya orang yang suka berbisnis, akan melihat peluang besar di bulan ramadhan yang dianggap sebagai pembawa berkah.

Di mana saat bulan puasa datang, akan ada kesempatan jualan banyak jenis makanan dan lainnya yang bisa Anda pilih. Mau tahu? Mau tahu aja apa pakek banget? Yuk langsung saja intip artikel ini hingga usai, dan ikuti juga strategi yang bakal kita ceritakan.

10 Ide Kreatif di Bulan Ramadhan yang Bikin Dompet Jadi Hoki

Sebagai masyarakat muslim, tentunya menjadi keberkahan tersendiri jika bisa beribadah dengan maksimal. Mempunyai peralatan salat yang lengkap dan bersih, begitu juga bisa menikmati makanan sehat serta bergizi, namun bagi pebisnis, itu semua ternyata bisa menjadi peluang yang menarik. Yuk baca peluang apa saja yang bisa kita lirik:

1.      Berjualan Peralatan Salat dan Ibadah untuk Ramadhan

Dagangan di bulan puasa semakin jaya ketika Anda bisa menempatkan diri dan melihat peluang yang ada. Membaca peluang yang tepat saat ramadhan, contohnya membuka usaha berjualan peralatan salat atau ibadah yang pasti dibutuhkan oleh banyak orang.

Bahkan ada yang membeli peralatan ini sebagai salah satu perkakas untuk zakat kepada kaum yang kurang mampu. Hal ini juga dilakukan oleh banyak orang di sekitar kita, ada yang beli sarung untuk memberikannya kepada tetangga-tetangga sebelah yang dinilai kurang beruntung dalam hal finansial.

Bisa dibaca dong, kalau begitu dia akan beli berapa? Tentunya banyak. Bisa dikatakan akan menguntungkan penjualnya, karena laku keras.

2.      Menjual Pakaian Umat Islam Baik untuk Perempuan Maupun laki-laki

Cara menghasilkan uang di bulan ramadhan yang kedua, terang saja, bulan ramadhan adalah bulan yang dinantikan banyak orang. Mereka ada yang mempunyai tujuan mulia, ingin menggapai ridha ilahi dengan memfokuskan diri pada ibadah, sehingga hal yang penting seperti menyiapkan semua pakaian dan peralatan penting saat ramadhan pun dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Namun ada juga yang mempunyai tujuan lain, di mana ramadhan ada yang punya anggapan pembawa berkah. Mengais rezeki dengan jalan jualan yang lagi tren dan sangat diinginkan oleh banyak orang, terutama untuk menjalankan ibadah, misalnya saja pakaian sehari-hari untuk ke masjid, atau keperluan pakaian lebaran.

Nah, Anda bisa menjual atau berbisnis jualan pakaian muslim di saat bulan ramadhan.

3.      Usaha Makanan untuk Takjil

Jualan paling laris di bulan ramadhan yang lainnya, adalah makanan untuk takjil. Yaitu santapan menu ringan atau camilan untuk berbuka puasa. Menu ini biasanya banyak dicari orang, apalagi jika Anda menjualnya ketika sore hari sebelum adzan maghrib berkumandang.

Oh iya peluang usaha makanan untuk takjil ini bisa juga diperlukan untuk kegiatan berbagi takjil bersama, kalau bisa Anda juga menerima pesanan jajanan takjil, karena potensi bisnisnya sangat bagus.

4.      Usaha Makanan untuk Buka Puasa dan Sahur

Setelah Anda mengetahui, ada peluang usaha makanan takjil yang bisa diandalkan, jangan lupakan pula bisnis makanan untuk keperluan sahur dan berbuka puasa. Di mana Anda juga perlu membuka stand atau jualan dengan cara dititipkan dengan menu makanan tertentu.

Pasti banyak sekali yang membutuhkan makanan yang sudah jadi untuk santapan berbuka maupun sahur, apalagi biasanya ketika bulan Ramadhan pasti ada yang sedang mudik dan melakukan perjalanan ke kampung halaman. Pasti saat berbuka, membutuhkan warung makan atau tempat mencari makan untuk berbuka bareng keluarganya.

5.      Usaha Jualan Kurma dan Buah Lainnya yang Digemari Saat Ramadhan

Kalau ditanya, ada menu makanan atau buah apa yang favorit dan layak jual karena penggemarnya banyak? Jawabannya adalah kurma. Di mana buah kurma ini sangat identik dengan kekhasannya untuk bulan puasa.

Silahkan memilih kurma sebagai peluang yang sangat apik, dan menjadi daya tarik yang lebih kepada pembeli untuk sekadar mampir ke lapak, bonusnya kalau cocok sama kurmanya, pasti akan membeli. Selain kurma, masih banyak buah-buahan yang diburu banyak orang saat bulan puasa datang.

6.      Membuka Catering Khusus untuk Acara Buka Bersama

Usaha rumahan di bulan ramadhan yang ke 6 ada, catering khusus yang bisa Anda sediakan di saat bulan Ramadhan. Jangan lupa, sesuaikan menu makanannya, akan berbeda saat buka catering di saat bulan Ramadhan dan tidak, pelajari ya.

7.      Jualan Kue Kering untuk Persiapan Lebaran atau Ramadhan

Masih ada lagi kah peluang bisnis yang bagus di saat bulan puasa? Masih dong, di bawah masih banyak. Kalau untuk yang ketujuh ini, Anda bisa juga sualan kue kering yang biasanya dibutuhkan untuk suguhan lebaran. Di Indonesia ini masih sangat kental tradisi dengan kunjung-kunjung ke sesame tetangga.

Bahkan ke sanak saudara yang jauh pun terkadang masih dikunjungi, nah biasanya tuan rumah yang sibuk untuk menyiapkan makanan ringan atau kue kering yang diletakkan di toples. Anda bisa menjualnya sekalian sama toplesnya, karena tampilannya akan lebih menarik.

Baca ini Juga, Intip 10 Ide Usaha Saat Ramadhan yang Menguntungkan

8.      Buka Jasa Parsel Untuk Lebaran Nanti

Jangan lupakan ya, kalau musim lebaran, pastinya ada parsel yang siap dinantikan oleh banyak orang. Banyak pula yang sibuk menyiapkan parselnya, nah ini juga peluang emas buat bisnis Anda. Silahkan buka jasa parsel dengan pesanan sesuai selera pembelinya.

9.      Jualan Minuman Segar Untuk Persiapan Berbuka

Beralih nih ke menu minuman yang segar dan bisa juga dijadikan peluang bisnis di saat bulan ramadhan. Di mana puasa adalah aktivitas yang sangat membuat perut serta tubuh kita menjadi melemah. Tenaga melemah karena kekurangan cairan, butuh asupan air minum, apalagi kalau yang diminum es, mantap.

Apapun minumannya, pokoknya yang menyegarkan tubuh, misalnya minuman dingin, bisa nih jadi peluang yang terbaik. Saat mau berbuka, biasanya banyak kan orang jualan minuman segar di pinggir jalan? Mereka membaca peluang bisnis dengan baik, apa Anda tidak tertarik?

10. Jualan ketupat dan bala-balanya saat mendekati lebaran

Terakhir, pada list ke 10 kira-kira apa ya ide kreatif di bulan Ramadhan yang bisa Anda lakukan? Coba pikirkan ketupat, sebuah makanan tradisional khas Indonesia yang disukai banyak orang dan identik dengan lebaran umat Islam.

Sepertinya kalau kita jualan ini bakalan laris manis deh. Oh iya jangan terpaku sama ketupatnya ya, ada juga yang jualan bahan dasarnya loh, misalnya jualan daun ketupatnya, biasanya orang jawa menyebutnya dengan janur. Nah banyak kok yang jualan janur di pasar, dan itu laku keras.

Kesimpulan, Cara Menghasilkan Uang Di Bulan Ramadhan

Sebelum mata saya terpejam menjelaskan peluang bisnis yang begitu menjanjikan di saat bulan puasa ini, Anda harus tahu kesimpulannya. Serta cara praktis sebagai rangkuman penutup artikel ini. Jadi gini sobat, Anda pengin jualan apa sih di bulan Ramadhan ini?

Sebenarnya pilihan apapun boleh, hanya saja kita juga harus memikirkan apa yang sedang berlaku di pasaran. Jualan apa yang sedang laris-manis, kalau bulan puasa, ya jualannya jangan jauh-jauh dengan apa yang dibutuhkan saat ramadhan dan hari raya idul fitri.

Jadi, caranya adalah kita harus lihai dalam membaca peluang bisnis, atau ide kreatif di bulan Ramadhan, kepala Anda harus dimainkan ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.