Description

Canggih, Urus Surat Menyurat di Parit Baru Pakai ATM

Launching dan Simulasi pengunaan ATM Surat yang merupakan inovasi baru di Desa Parit Baru bekerja sama dengan Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura.
Launching dan Simulasi pengunaan ATM Surat yang merupakan inovasi baru di Desa Parit Baru bekerja sama dengan Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Satu lagi inovasi yang dibuat Desa Parit Baru di Kecamatan Sui Raya Kabupaten Kubu Raya yakni membuat ATM Surat.

Rancangan Mesin ATM ini bekerja sama dengan Prodi Rekayasa Sistem Komputer (Resikom) Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura (Untan).

“Lewat ATM ini kita membantu masyarakat lebih mudah dalam pengurusan berbagai surat menyurat yang dibutuhkan,” kata Kepala Desa Parit Baru, Musa.

Baca Juga:

Mesin ATM Surat ini dilaunching pada Jumat (1/4) di Kantor Desa Parit Baru. Mesin ATM surat ini melayani pembuatan surat Surat Keterangan Usaha (SKU), Surat Perkawinan, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), surat kematian, surat rekomendasi kependudukan maupun berbagai administrasi lainnya.

Sistem kerja mesin ATM Surat ini yaitu masyarakat cukup membawa KTP dan menempelkannya di alat perekam agar bisa masuk dalam menu surat yang diinginkan.

“Di mesin ATM Surat ini juga bisa membantu masyarakat yang kehilangan KTP. Didalam mesin ATM Surat ini telah juga dikembangkan aplikasi berbasis KTP elektronik untuk menemukan lokasi dan data warga,” tambah Musa.

Disebutkan Musa, jika ada yang menemukan KTP milik warga Desa Parit Baru, cukup menempelkannya di ATM ini maka sudah bisa dapat diketahui titik lokasi maipun nomor ponsel pemilik. Yang kemudian perangkat desa dapat menghubungi Ketua RT nya bahwa warganya telah kehilangan KTP.(tmB)