Description

Manfaat Sari Kedelai, Ternyata Bisa Gemukkan Badan

manfaat sari kedelai
manfaat sari kedelai

BerkatnewsTVManfaat sari kedelai memang begitu banyak bagi tubuh.  Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap protein hewani, sari kedelai ini dapat menjadi alternatif untuk mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh.

Sari kedelai atau susu kedelai juga lebih rendah kolestrol dibanding susu sapi. Selain itu, susu kedelai tidak mengandung laktosa dan memiliki kandungan lemak jenuh lebih rendah. Hal ini membuat manfaatnya dapat dirasakan siapa saja yang mengkonsumsinya.

Cara Membuat Sari Kedelai, Mudah Kok!

Untuk bisa merasakan manfaat sari kedelai, alangkah lebih baik jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya pun sangat gampang. Berikut adalah resep untuk membuat susu kedelai yang enak dan tidak langu:

1. Bahan

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sari kedelai ini sangat mudah. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Untuk menghasilkan susu kedelai yang mantap, sebaiknya pilih bahan yang berkualitas pula ya!

  • 250 g kedelai
  • 150 g (10 sdm) gula pasir
  • ½ sdt vanili bubuk
  • ½ sdt garam
  • 1500 ml air mineral

2. Cara Membuat

Cara membuat sari kedelai juga tidak terlalu sulit dilakukan. Cara ini dapat Anda terapkan untuk membuat sari kedelai yang mantap dan yang pasti menyehatkan. Silahkan catat ya, agar tidak lupa!

  • Masukkan kacang kedelai ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Cuci bersih kedelai dan rendam selama 8 jam atau semalaman. Setelah direndam, kupas kulit ari dengan cara meremasnya.
  • Untuk membuat susu tidak langu, pastikan kulit ari sudah terkupas bersih. Setelah itu, cuci kembali kedelai dan rebus selama 5 menit.
  • Setelah direbus, masukkan kedelai dan air mineral ke dalam blender. Haluskan kedelai menggunakan blender dan pastikan kedelai lumat hingga menjadi bubur.
  • Saring kedelai yang sudah diblender menggunakan kain supaya tidak ada ampas yang tersisa. Remas-remas kedelai agar semua sarinya keluar.
  • Setelah mendapatkan semua sari, rebus sari kedelai bersama gula, vanili, dan garam. Rebus sari kedelai selama 5 menit. Jangan lupa sambil diaduk dan hilangkan buihnya.
  • Setelah mendidih, angkat dan dinginkan sari kedelai. Tuang ke dalam gelas, dan susu kedelai pun sudah siap dinikmati.

Wah cara di atas mudah bukan? Lebih mudah lagi jika kita menggunakan susu formula saat dikonsumsi kalangan anak-anak. Saya punya refrensi terkait susu formula yang bikin gemuk untuk anak atau bayi loh, coba klik Susu Formula untuk Bayi 6-12 Bulan ini guys!

Manfaat Susu Kedelai Untuk Gemuk

Bagi Anda yang sedang mencari solusi sehat untuk mnambah berat badan, maka salah satu alternatifnya adalah dengan mengkonsumsi susu kedelai. Lantas, manfaat susu kedelai untukgemuk apa saja ya?

1. Kedelai memiliki kandungan protein khusus

Zat protein memang bermanfaat untuk menambah massa otot sehingga mampu menambah bert badan. Dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai, berat badan Anda bisa bertambah dan tetap ideal karena tidak hanya berisi lemak yang menumpuk.

2. Kedelai memiliki kandungan zat yang mirip dengan hormon estrogen

Kedelai ternyata juga memiliki kandungan zat yang mirip seperti hormon estrogen. Salah satu manfaat dari zat ini adalah dapat meningkatkan nafsu makan.

Salah satu kunci utama untuk menaikkan berat badan adalah menambah asupan makanan yang sehat. Oleh karena itu, bagi Anda yang sulit menaikkan berat badan karena susah makan, cobalah untuk mengkomsumsi susu kedelai secara rutin.

3. Susu kedelai memiliki kandungan karbohidrat dan lemak

Manfaat sari kedelai untuk menambah berat badan salah satunya karena kedelai banyak mengandung karbohidrat dan lemak. Kedua zat ini sangat penting kontribusinya dalam membantu menambah berat tubuh.

Karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi bagi tubuh dan juga dapat disimpan sebagai cadangan makanan yang bisa dipergunakan ketika tubuh sedang membutuhkan.

4. Susu kedelai mengandung kalori tinggi

Cara cepat menjadi gemuk adalah dengan mengkonsumsi kalori tinggi. Namun, harus tetap diimbangi dengan protein tinggi agar tidak terjadi obesitas. Nah, kandungan kalori dan protein yang tinggi tersebut dapat Anda dapatkan dari susu kedelai ini.

5. Susu kedelai mengandung nutrisi yang mudah diserap tubuh

Susu kedelai mengandung banyak nutrisi yang mudah diserap tubuh. Salah satunya yaitu antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Potensi Susu Kedelai Untuk Bisnis

Selain manfaat sari kedelai yang begitu banyak, produk ini juga memiliki potensi yang cukup baik untuk dijadikan usaha. Lalu, bagaimana analisa potensi susu kedelai sebagai ladang bisnis?

1. Usaha susu kedelai tidak perlu modal besar

Potensi susu kedelai untuk bisnis dapat dilihat dari aspek permodalan. Untuk memulai bisnis usaha susu kedelai, kamu tidak memerlukan modal yang besar. Kamu juga bisa memulainya dengan usaha kecil rumahan dan menawarkannya kepada tetangga atau kerabat.

Untuk memulai usaha susu kedelai, kamu bisa menyiapkan modal di angka Rp. 2.000.000. Biaya tersebut sudah mencakup peralatan, sepert gerobak, termos, dan blender  serta pengeluaran pokok untuk membeli bahan-bahan.

2. Keuntungan cukup besar

Misal pengeluaran pokok Anda per hari untuk membeli bahan baku adalah sebesar Rp. 32.500. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan untuk memperoduksi susu kedelai sebanyak satu liter.

Satu liter susu kedelai bisa menjadi 12 bungkus dan per bungkus dijual dengan harga Rp. 1.000. Jika dalam sehari Anda bisa menjual 12 bungkus, maka Anda bisa memperoleh keuntungan sebanyak modal yang Anda keluarkan, yaitu Rp. 32.500.

Jika setiap hari Anda berhasil menjual 12 bungkus, maka dalam satu bulan bisa memperoleh keuntungan Rp. 975.000. Jika Anda seorang ibu rumah tangga, bisnis susu kedelai ini sangat cocok dijalankan untuk menambah pundi-pundi rupiah.

3. Banyak peminat

Tak perlu takut sepi pembeli saat berjualan produk susu kedelai. Pasalnya, produk kedelai memiliki peminat yang cukup banyak karena rasanya yang enak dan manfaat sari kedelai yang baik bagi tubuh.

Susu kedelai bisa menjadi alternatif pengganti protein dari susu sapi. Bahkan, susu kedelai lebih rendah kolestrol sehingga baik pula dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.

Tips Memulai Usaha Susu Kedelai Kemasan

Pamor susu kedelai ternyata tidak kalah bagus dengan susu sapi. Hal ini membuat peluang usaha susu kedelai masih terbuka lebar. Bagi Anda yang ingin membuka usaha susu kedelai kemasan, berikut adalah tips yang bisa diikuti:

1. Pilih lokasi yang strategis

Untuk meningkatkan penjualan susu kedelai, hal yang penting adalah menentukan lokasi penjualan. Anda bisa mulai berjualan di lokasi sekolah, stasiun, atau di pinggir jalan. Harga yang murah dan lokasi penjualan yang strategis akan mudah mendatangkan pelanggan.

2. Sesuaikan harga dengan lokasi

Dalam berjualan, sebaiknya Anda juga memasang harga sesuai dengan lokasi jualan. Jangan terlalu murah karena orang akan ragu dengan produk Anda. Jangan pula terlalu mahal karena orang akan enggan membeli.

Jika Anda berjualan di lingkungan sekolah, maka pasanglah harga sesuai dengan kantong anak-anak, seperti seribu atau dua ribu rupiah saja.

3. Perhatikan Kemasan Dan Merk

Untuk membuat produk yang Anda jual lebih menarik, jangan lupa membuat kemasan dan nama yang menarik. Kemasan yang cocok untuk susu kedelai adalah cup dengan penutup di atanya. Untuk meminumnya yaitu menggunakan sedotan.

Agar lebih menarik, Anda juga sebaiknya membuat nama merk yang unik. Hal ini agar produk Anda lebih mudah diingat dan dikenal banyak orang.

Ternyata selain enak dan banyak manfaatnya, sari kedelai ini juga memiliki peluang yang cukup bagus sebagai produk usaha. Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba mulai bisnis susu kedelai bisa dicoba sekarang ya!