Description

PMI Asal Sulsel Positif Omicron Masuk Lewat Entikong

tki, pmi, deportasi malaysia, plbn entikong
PMI yang pulang ke Indonesia lewat PLBN Entikong dari Malaysia saat diperiksa petugas. Foto: Dok BerkatnewsTV.

Pontianak, BerkatnewsTV. PMI Asal Sulsel Positif Omicron Masuk Lewat EntikongSatu orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sulawesi Selatan dinyatakan positif covid-19 virus omicron.

Kepastian itu berdasarkan laporan dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI yang memeriksa sampel SGTF dan WGS yang bersangkutan tertanggal 20 Januari 2022.

“Laporan hasil pemeriksaan sampel SGTF dan WGS PMI tersebut telah kita terima hari ini,” ungkap Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kalbar, Harrison, Jumat (21/1).

PMI berinisial S (43) berjenis kelamin laki-laki yang dinyatakan positif omicron itu dari negeri jiran Malaysia memasuki Indonesia melalui PLBN Entikong Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat.

“PMI ini masuk lewat Entikong pada tanggal 23 Desember 2021 lalu,” tambah Harrison.

Saat di Entikong, PMI tersebut telah diambil swab PCR oleh Lab PCR KKP Entikong. Sore sekitar pukul 17.00 wib, ia dan rombongannya dikirim ke Pontianak untuk proses karantina menggunakan bus Satgas Covid.

Baca Juga:

“Malamnya sekitar pukul 23.00 wib, hasil Lab PCR dari Lab KKP Entikong keluar yang menyatakan PMI tersebut positif,” tambah Harrison.

Disebutan Harrison, sejak tiba di Pontianak PMI dan rombongannya telah menjalani isolasi di Upelkes selama 10 hari sesuai Protap.

Pada tanggal 28 Desember 2021, dilakukan pemeriksaan SGTF hasil sampel kiriman dari KKP Entikong di Lab Universitas Tanjungpura (Untan). Hasilnya, PMI tersebut positif namun Non Probable Omicron.

Tanggal 29 Desember 2021, hasil pemeriksaan WGS PMI tersebut dikirimkan ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI.

“Tanggal 30 Desember 2021, pasien dilakukan swab namun hasilnya negatif,” ucapnya.

Tanggal 3 Januari 2022, PMI tersebut dipulangkan ke daerah asalnya di Sulawesi Selatan.

Tanggal 20 Januari 2022 keluar laporan hasil pemeriksaan SGTF dan WGS dari Balitbangkes yang menyatakan PMI tersebut positif omicron.(tmB)