Tumpukan sampah di sejumlah TPS di Kelurahan Sei Sengkuang.
Tumpukan sampah di sejumlah TPS di Kelurahan Sei Sengkuang. Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Kelurahan Sui Sengkuang merupakan salah satu wilayah yang sempat dilanda banjir. Ratusan rumah dikabarkan terendam.

Kini, kondisi air berangsur-angsur surut. Namun, seiring surutnya air, tumpukan sampah mulai terlihat disejumlah Tempat Pembungan Sampah (TPS) di Kelurahan itu.

Pejabat sementara Lurah Sui Sengkuang, Tekam Sunarya menyampaikan, tumpukan sampah itu dikarenakan warga yang terdampak banjir mulai membersihkan rumahnya masing-masing. Hal inilah yang menyebabkan tumpukan sampah di TPS.

“Barang-barang yang rusak akibat banjir mereka buang ditempat sampah, inilah yang memicu TPS-TPS yang ada itu menumpuk,” kata Tekam, Senin (22/11).

Tekam meminta agar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau segera mengangkut tumpukan sampah yang berserakan di TPS-TPS di wilayah itu.

Baca Juga:

“Khawatirnya kalau tidak segera diangkut, bisa jadi sumber penyakit, apalagi inikan paska banjir, kuman, atau bakteri paling mudah berkembang biak,” ujar Tekam.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Sukanto ditemui wartawan menyanpaikan bahwa pihaknya akan segera membersihkan tumpukan sampah di seluruh TPS yang ada, utamanya wilayah yang sempat terdampak banjir.

“Besok kami akan turunkan petugas kesana. Karena kami menyadari juga volume sampah paska banjir ini memang meningkat,” kata Agus.

Tidak hanya wilayah Sei Sengkuang, pembersihan tumpukan sampah juga akan dilakukan di wilayah lain.

“Misalnya di depan kantor Pengadilan Negeri yang sempat dijadikan pasar sementara karena banjir. Kalau kita lihat tumpukan sampah disana cukup banyak, kami juga akan fokus bersihkan disana,” pungkasnya. (pek)