Description

Jualan buku online, Menambah Saku Lebih Cepat!

jualan buku online
jualan buku online

BerkatnewsTV – Jualan buku Online, kini menjadi ladang uang menjanjikan. Sobat Berkat, harusnya teman-teman sudah bisa baca peluang tentang penjualan buku online yang semakin marak. Pasalnya, semuanya kini kan serga digital, jadi, buku dengan bentuk pdf pun bisa dijual secara bebas sekarang.

Kalau nggak percaya, coba lihat di google playstore, ada tempat penjualan buku apa enggak. Itu mah salah satunya peluang, hanya dengan membuat buku sendiri, dan tanpa dicetak, taruh saja ke Google Playstore, nominal uang bisa menggendutkan dompet virtual Anda.

Usaha Toko Buku Online, di Marketplace

Jangan jadi anak yang gampang menyerah dalam dunia bisnis. Ada saatnya memang kita harus keras dalam menghadapi dunia yang keras pula. Apalagi itu adalah dunia jual-beli buku. Memang bakal lebih gampang, jualan buku dengan memanfaatkan dunia yang serba online ini, tapi masih ada tantangan yang bakal Anda hadapi.

Apa itu? Apa yang dimaksud dengan tantangan yang sedang menanti Anda di depan? Jawabannya sudah kami tuliskan di bawah.

Wah sebelum terlalu jauh membahas tentang kegampangan bisnis jualan buku online, alangkah baiknya kita juga renungan tentang fakta yang ada di dahapan mata. Yaitu maraknya penipuan jual-beli buku di marketplace.

Lah kok bisa? Bisa lah, karena jual beli buku di marketplace semakin mudah, bahkan ada yang tidak menyertakan izin dan semua menjadi urusan penjual yang uploud di Marketplace itu, jadi banyak yang nipu juga.

Itu adalah tantangan Anda guys, di mana karena banyak yang nipu, Anda harus pandai-pandai mencari peluang menjadi penjual buku yang jujur. PR kita adalah membranding diri dan mengutamakan pelayanan terbaik, sehingga masih ada dan banyak yang mau percaya kepada kita. Bagaimana caranya?

Cara Membranding Diri Si Penjual Buku, Agar Cepat Laris

Bukan hanya demi menghindari kasus ketidakpercayaan pembeli yang memandang marketplace ternodai dengan penipuan penjualan buku. Tetapi, mafaat branding adalah bisa menarik pelanggan dengan cepat dan menjadi penjual yang terpercaya.

Saat masih membangun, jangan dulu rebut laku atau terjualnya buku. Paling penting adalah bagaimana para penjual memandang kita sebagai pedagang yang dapat dipercaya.

Jika sudah terbentuk, kami yakin, buku-buku yang terpajang di media sosial, bahkan marketplace, bisa laku keras dan cepat memenuhi dompet virtual. Harga dari kepercayaan, sangatlah mahal, nggak percaya?

Sudah banyak buktinya, bahwa pelaku penjual buku online yang sering menipu, lambat laun akan menghancurkan bisnisnya. Jalan satu-satunya memang di masalah kepercayaan pembeli, mereka harus percaya ke kita bahwa kita jujur.

Lalu cara brandingnya gimana dong? Yuk baca cara di bawah ini:

  1. Buat Akun Sosmed Baik itu FB atau Instagram
  2. Sering Uploud Gambar-gambar Buku, dan Jual Juga di FB, IG
  3. Sering Update Status di Sosmed
  4. Bangun Interaksi di Sosmed
  5. Bikin Akun Marketplace secara Berkala
  6. Jangan Lupa Pula Jualan Buku di Whatsapp
  7. Berdoa

Nah itu dia beberapa cara agar branding kita bisa diterima oleh masyarakat di dunia online. Cara itu sudah umum dan gampang banget dilakukan, oh iya lakukan secara rutin, rawat bisnis Anda seperti anak sendiri.

Cara Cepat Biar Buku Laku Keras

Selain branding, kita bisa mempercepat lakunya penjualan buku secara online dengan cara menjadi reseller dan distributor. Trik menjadi reseller buku yang mapan pelanggan, harus Anda kuasai dulu. Di bawah ini kami sebutkan sebagian saja:

  1. Mencari Friendlist di FB
  2. Sering Promosi dan Buka Diskonan Harga Buku di Sosmed
  3. Bikin Akun FB yang memang temannya banyak Penjual dan Pembeli Buku, suka literasi
  4. Rajin Posting saat Momen yang Tepat

Itu masih cara menjadi reseller, selain reseller, ada juga istilah distributor yang harus Anda kenal. Memang agak sedikit beda, arti kedua istilah tersebut. Hanya saja triknya hampir sama guys, yaitu mengumpulkan teman-teman yang sehobi.

Adanya akun yang friendlistnya sama, pencinta buku, dan sering banyak yang minat atau masih ada sebagian yang beli secara langsung lewat sosmed, bukan aku marketplace dulu loh ya, masih akun. Pajang saja bukti transaksi jual-beli buku itu, sebagai testi.

Jika sudah Anda terapkan semua trik di atas, Kami kira usaha yang telah kita lakukan untuk usaha toko buku online sudah maksimal. Para pembeli pun akan lebih percaya karena Anda punya akun jual-beli buku di sosmed. Oh iya, jika di sosmed, mending yang dijual adalah buku yang cetak langsung ya, mau jual PDf juga nggak papa, tapi kayaknya jarang yang beli.

Kalau mau jualan buku bentuk pdf, mending di google playstore atau di platform nulis buku secara online, karena di sana memang sudah tempat atau kumpulan orang-orang yang saling membutuhkan membaca buku.

Kekurangan dan Kelebihan Jual Beli Buku PDF

Semua transaksi jual-beli memang ada kekurangan dan ada kelebihannya. Termasuk jualan buku baik secara cetak ataupun dalam bentuk pdf. Semua juga punya pangsa pasar yang beda-beda, Anda harus mampu mengenali.

Sebagai penjual, tentunya juga punya hobi tersendiri bukan? Jika Anda memang hobi menulis secara indie, lebih baik dijual di platform online atau di google playstore. Karena penjualan bisa dikoordinasikan dengan pihak yang lain, dan itu mempermudah kita.

Adapun kelebihannya, kami ulas di bawah ini ya:

  1. Tidak repot mempromosikan dengan target yang begitu banyak
  2. Memiliki editor yang gratis, dan malah kadang tanpa edit, buku sudah bisa dijual-belikan
  3. Waktu pengerjaan lebih terstruktur
  4. Teman yang bisa beli, lebih banyak

Meski di atas merupakan kelebihannya, tidak dapat dipungkiri, masih ada kelemahannya. Yaitu harga penjualannya lebih murah, dan untuk mendapatkan terbit cetak, lebih lama waktunya.

Kesimpulan

Hai-hai, Sobat Berkat, kita sudah masuk pada kesimpulan nih. Menjadi seorang pegiat buku, dalam hal ini mencari rezeki dari jual-beli buku di masa yang lebih modern memang terkesan mudah. Namun ada banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi.

Jika teman-teman adalah pegiat buku, pasti pernah mendengar seorang Tere Liye memviralkan perdangan buku di marketplace yang dijual dengan harga murah banget. Namun, harga murah itu sangat tidak layak dijual, karena isi paket bukunya adalah bajakan.

Nah, itu merupakan tantangan yang harus kita hadapi sebagai pendatang baru di dunia jual-beli buku secara online. Yups, tentang penipuan dan merugikan pihak penulis yang asli, tapi jangan khawatir, soalnya sudah kami ulas lengkap, ya kan, di atas.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu orang-orang yang tertarik menjalankan bisnis jualan buku online. Baik murni penjual, yang bisa mensiasati dengan menjadi reseller, atau sebagai penulis, yang bisa menjual bukunya secara langsung di google playstore