Description

Bisnis Kerupuk Kulit Yang Menjanjikan Keuntungan

Bisnis kerupuk kulit
Bisnis kerupuk kulit

BerkatnewsTV – Bisnis kerupuk kulit dapat menjadi pilihan usaha untuk orang yang tidak mau mengeluarkan modal yang besar, selain pembuatannya pun sangat mudah dan bahan bakunya sangat murah serta mudah di dapatkan. Bisnis kerupuk kulit juga adalah bisnis yang cukup mejanjikan keuntungan.

Tidak sedikit pula orang yang sukses dengan menjalankan bisnis kerupuk kulit ini. Kerupuk kulit merupakan makanan khas indonesia yang terbuat dari kulit sapi. Memiliki cita rasa yang gurih, enak dan renyah.  Dan banyak digemari oleh masyarakat.

Beberapa Tips Bisnis Kerupuk Kulit

Terdapat beberapa kunci sukses usaha kerupuk kulit, sebagaiberikut :

  1. Tentukan rencana bisnis
  2. Tentukan Supplier
  3. Pelajari cara pembuatan kerupuk kulit
  4. Penentuan harga
  5. Teknik Promosi

Dari beberapa teknik atau kunci sukses dalam membuat usaha kerupuk kulit pada list tersebut, Anda sebagai pengusaha, harus bisa menganalisa baik-baik.

Strategi Bisnis

Agar bisnis kerupuk kulit kita di minati atau disukai oleh banyak masyarakat, maka buat menu dengan banyak pilihan rasa seperti rasa original dan pedas.

Umumnya kerupuk kulit jarang yang memiliki menu pedas, rata rata hanya rasa original. Kemasan produk buat sekreatif mungkin sehingga bisa menarik minat pembeli, beri nama produk dan cantumkan tanggal kadaluwarsa serta no BPOM.

Lalu apa yang bisa Anda dapatkan jika mendirikan usaha kerupuk kulit? Banyak sih, dari rasanya yang enak, gurih, dan memiliki kenangan ini. Kerupuk kulit menjadi salah satu makanan ringan yang ditunggu-tunggu, apalagi ketika momen hari raya.

Hari raya idul fitri, sajian kerupuk kulit selalu menjadi santapan yang banyak penggemarnya. Apalagi, ketika hari raya idul adha, di mana umat muslim menyembelih hewan qurban, dan stok untuk membuat kerupuk kulit pun menjadi menumpuk.

Momen inilah, kita bisa memanfaatkan untuk menjalankan usaha kerupuk kulit yang bisa laku keras.

Pemasaran Kerupuk Kulit

Dizaman era yang serba digital seperti sekarang ini melakukan pemasaran kerupuk kulit akan sangat mudah, karena jualan kerupuk onlinemenggunakan media sosial yang mampu menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya operasional yang minim karena hanya menggunakan handphone dan kuota internet untuk dapat bisa memasarkannya.

Media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp dan melalui shoppe ataupun lazada dan aplikasi-aplikasi lainnya. Tetapi tidak lupa juga untuk pemasaran kerupuk kulit ini bisa di pasarkan ke pasar-pasar tradisional, ke toko-toko, ke warung-warung pinggir jalan ataupun pelosok.

Tips Membuat Kerupuk Kulit yang Enak dan Renyah

bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerupuk kulit sebagai berikut :

  1. 1kg kulit sapi
  2. 10 siung bawang putih
  3. 1 sdm penyedap rasa
  4. 2 ember air kapur
  5. 5sdm garam

Langkah Pembuatan Kerupuk Kulit

  1. Rendam kulit sapi kedalam ember yang berisi air kapur kurang lebih selama 2-3 hari
  2. Selanjutkan bersihkan bulu-bulu yang menempel pada kulit sapi menggunakan pisau tajam agar kulit sapi benar-benar bersih
  3. Lalu jika sudah bersih keringkan kulit sapi dibawah panas matahari sampai benar-benar kering
  4. Setelah proses pengeringan cukup, potong kulit sapi sesuai selera.
  5. Jika sudah di potong-potong, rebus kulit sapi bersama bumbu yang sudah dihaluskan, bahan bahannya mulai dari bawang putih, garam, dan penyedap rasa.
  6. Setelah direbus, tiriskan kulit sapi sampai kering
  7. Masukan kembali kulit sapi kedalam mesin pengering untuk proses yang benar-benar kering.
  8. Setelah pengeringan selesai, sipakan alat penggorengannya dan gunakan minyak  dengan suhu api kecil.
  9. Angakat dan tiriskan kerupuk kulit yang sudah agak mekar, kemudian goreng kembali pada suhu yang panas sampai kerupuk kulit merekah.
  10. Setelah itu, angkat atau tiriskan dan kerupuk kulit siap dikemas untuk dijial.

Analisa dan Kendala Risiko Usaha Kerupuk Kulit

Berikut beberapa analisa bisnis usaha kerupuk kulit, sebagai berikut :

  1. Dalam segi bahan baku yaitu penyediaan bahan baku kurang lancar disebabkan oleh bertambah banyaknya orang yang membuat/memproduksi kerupuk kulit dan jumlah sapi yang di potong juga berkurang karena bahan bakunya mengambil dari pemotongan hewan.
  2. Kondisi cuaca jika musim hujan tiba akan menghambat proses pengeringan/ penjemuran kulit karena diperlukan kondisi cuaca terik matahari. Pernjemuran ini dilakukan selama 3 hari harus benar-benar kering, kalau tidak warna kulit tidak akan bagus atau menghitam.
  3. Segi Pengelolaan kerupuk yang pas. Karena setiap orang yang membuka usaha kerupuk kulit, pasti sudah tahu cara atau strategi agar kerupuknya benar-benar renyah dan bisa mekar.
  4. Bgitu juga butuh analisa terkait tempat pemasaran yang strategis, misalnya saja, suatu lokasi yang kurang berminat membeli kerupuk kulit, eh Anda jualan di sana, jelas kurang laku.
  5. Terkahir, analisa harga pasaran ya guys. Jangan menjual kerupuk kulit di atas harga rata-rata pasarannya berapa, jika ingin tidak terpaut terlalu jauh, pakai harga rata-rata saja.

Setelah paham beberapa analisa yang tepat. Di atas sudah menyebutkan sekilas tentang kendala resiko saat hendak bisnis kerupuk, terutama kerupuk kulit.

Di mana kerupuk kulit, membutuhkan perawatan yang lebih ekstra seperti penjemuran yang lebih lama, padahal cuaca bisa saja berubah menjadi musim hujan. Ini jelas menjadi kendala yang tidak bisa terelakkan.

Kami pernah mendengarkan pengalaman seorang pengusaha kerupuk, ia lebih memilih menyerah dan tidak melanjutkan sementara usahanya, karena kendalanya adalah musim hujan. Lalu bagaimana? Ia bisa melanjutkannya lagi nanti ketika musim hujan telah pergi jauh.

Ada yang bisa mensiasati hal ini dengan cara pengeringan buatan, seperti mesin. Ini memang perlu dilakukan, namun sifatnya hanya sementara selama musim hujan, jika sudah tidak musim hujan, bisa kembali lagi mengeringkan secara alami langsung dari terik matahari.

Kesimpulan

Menjadi seorang pengusaha kerupuk kulit, haruslah tahan banting dengan kendala utamanya yaitu cuaca yang kadang tidak bersahabat. Namun, ada faktor lain yang juga perlu diperhatikan, seperti yang telah di bahas di atas.

Di antaranya, harus tahu resiko dan pandai menganalisa potensi serta resiko yang akan terjadi. Mungkin ini masih berupa perkiraan saja, tetapi semua harus diperhitungkan. Setelah berhasil membedah semuanya dalam bentuk tulisan, bisa diaplikasikan sementara.

Adapun cara analisa, sudah tertulis di atas ya, ketika merasa apa yang dilakukan dari analisa dan kenyataannya kurang sesuai, Anda harus mulai membenahi secara perlahan. Karena analisa, belum tentu benar jika tidak langsung dipraktikkan.

Analisa ini juga masih harus dilaksanakan selama usaha masih jalan ya jangan putus sobat berkatnews, kalau ingin berhasil. Jangan dicontoh salah satu pengusaha yang sempat kami ceritakan di atas. Karena kendala cuaca memang tidak bisa terelakkan untuk usaha kerupuk ini.

Jadi, solusi utama adalah dengan mengatasinya di saat Anda menjalankan bisnis ini, bukan malah menyerah, hehe. Semoga artikel tentang bisnis kerupuk kulit yang menjanjikan ini bisa bermanfaat buat para pembaca.