Anggota TNI Pos Koki Sui Daun saat melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas di Jalan Trans Kalimantan yang melewati Desa Malenggang.
Anggota TNI Pos Koki Sui Daun saat melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas di Jalan Trans Kalimantan yang melewati Desa Malenggang. Foto: ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Prajurit Pos Koki Sei Daun yang tergabung dalam Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melakukan kegiatan rutin berupa sweeping di Jalan Trans Kalimantan yang melewati Desa Malenggang, Kecamatan Sekayam. Sweeping itu dilaksanakan untuk mencegah penyelundupan barang-barang ilegal.

“Kegiatan sweeping ini dilaksanakan dalam upaya pencegahan tindakan ilegal seperti pelintas batas ilegal dan peredaran barang-barang ilegal seperti narkoba, miras, dan lainya,” ujar Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Letkol Inf Hendro Wicaksono dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Rabu (13/10).

Menurut Hendro, kegiatan sweeping ini perlu dilaksanakan. Selain untuk memastikan situasi tetap aman, juga mencegah masuknya barang atau orang yang akan melintas tidak menggunakan dokumen yang lengkap, ataupun tidak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami akan terus melakukan kegiatan-kegiatan patroli maupun sweeping di jalan-jalan yang diwaspadai menjadi sarana terjadinya tindakan ilegal, yang dalam pelaksanaannya dilakukan dengan humanis demi terwujudnya kemanunggalan TNI dan rakyat,” ungkapnya.

Baca Juga:

Terlebih daerah perbatasan sering dimanfaatkan oleh pelaku penyelundupan untuk mencari keuntungan pribadi.

“Untuk mengelabui petugas, mereka sering memanfaatkan jalur tidak resmi yang ada di desa-desa untuk menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen perlintasan batas negara,” beber Hendro.

Terpisah, Dan SSK III Sungai Daun Lettu Inf Restu menyebut, sweeping dilaksanakan dengan memeriksa kelengkapan identitas pengendara dan surat kendaraan, serta dokumen-dokumen resmi terhadap kendaraan yang memuat barang.

“Sasarannya adalah barang-barang yang patut diduga ilegal atau terlarang, yang akan diselundupkan ke negara sebelah. Pemeriksaan dilakukan kepada seluruh kendaraan yang melintas melewati jalan perbatasan. Tujuan dari dilaksanakan sweeping ini juga agar masyarakat dapat melaksanakan peraturan yang berlaku dengan baik,” pungkasnya.(pek)