Description

Pesawat Militer Pertama Mendarat di Sambas. Benteng Pertahanan di Perbatasan

Sebuah pesawat militer milik TNI Angkatan Udara Cassa 212 berhasil mendarat di Landasan Liku Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas.
Sebuah pesawat militer milik TNI Angkatan Udara Cassa 212 berhasil mendarat di Landasan Liku Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Foto: ist

Sambas, BerkatnewsTV. Sebuah pesawat militer milik TNI Angkatan Udara Cassa 212 berhasil mendarat di Landasan Liku Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas.

Bahkan pesawat yang mendarat mulus pada Rabu (18/8) itu juga mengangkut Panglima Komando Operasi Khusus Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsma TNI Tedy Rizalihadi.

Pesawat militer ini juga membawa tenaga kesehatan dan vaksin untuk masyarakat Paloh yang berbatasan dengan Malaysia.

“Tentu ini awal yang baik dan membanggakan bagi masyarakat Sambas khususnya di daerah perbatasan,” kata etua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo, Kamis (19/8).

Sebab sudah lama pangkalan tersebut dibangun namun baru sekarang ada pesawat mendarat.

Ia juga menilai adanya landasan itu sekaligus dapat digunakan untuk pertahanan keamanan di daerah perbatasan yang merupakan benteng NKRI dan bantuan logistik bencana.

Baca Juga:

“Harapan kita pangkalan udara tersebut kedepannya dapat dikembangkan lagi menjadi tempat landasan pesawat domestik yang bisa dipergunakan untuk membawa penumpang dan cargo,” harapnya.

Lerry meyakini bandara bandara tersebut akan bisa mendatangkan efek domino khususnya peningkatan ekonomi masyarakat jika dikembangkan.

Bahkan tidak menutup kemungkinan mendongrak peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Namun tentunya tergantung pemanfaatnnya.

Untuk pembiayaannya, ia sebutkan sejauh ini yaang diketahui belum ada yang bersumber dari APBD.

“Paling dalam hal pembebasan dan penyediaan lahan. Tidak tahu jika nanti pengelolaannya diserahkan kepada daerah,” pungkasnya.(wes/tmB)