Gubernur Kalbar saat melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau.
Gubernur Kalbar saat melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau. Foto: ist

Pontianak, BerkatnewsTV. Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Aron dan Subandrio untuk menekan penularan covid-19 di Sekadau.

“Apalagi tingkat keterjangkitan di Sekadau tinggi. Ada 38 orang di satu lokasi di Sekadau yang berbatasan dengan Sintang kita swab semuanya positif covid,” ungkap Midji usai melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Aron dan Subandrio, Senin (26/4).

Menurutnya, jika dalam satu bulan ditangani dengan tegas maka tingkat keterjangkitannya akan rendah.

“Saya yakin bisa lah bupati dan wakil bupatinya. Tinggal bupati perintahkan kepala dinas kesehatan yang kemudian perintahkan seluruh puskesmas untuk lakukan tracing dan testing,” tegasnya.

Kemudian sambung Midji, bupati perintahkan Sat Pol PP dan Camat bentuk Satgas Desa hingga RT. Kalau ada yang tidak mau berarti bupati tidak didengar.

“Kalau perintah bupati tidak didengar, lebih baik tidak usah jadi bupati,” tegasnya.

Baca Juga:

Sementara itu Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Aron – Subandrio berjanji akan fokus melakukan penanganan covid-19.

“Sehabis pelantikan mungkin besok atau lusa, kami akan lakukan rapat kerja dengan dinas terkait untuk merumuskan langkah-langkah,” ujar Aron.

Mengingat pihaknya baru resmi menjabat, maka persoalan tersebut akan segera dikoordinasikan ke setiap SKPD yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

“Tentu ini bukan persoalan yang mudah, karena gelombang kedua corona ini bagi masyarakat biasa, sudah bukan hal yang menakutkan lagi. Sudah menjadi biasa. Tentu kami harus kerja maksimal memastikan bahwa penanganan Covid di Sekadau bisa berjalan dengan baik, tentu kita akan memaksimalkan perangkat yang ada di Sekadau. Karena sebagian besar sudah dibentuk, tinggal kita menindaklanjuti saja, tinggal kita terus kampanyekan 3M kepada masyarakat,” bebernya.

Senada disampaikan Wakil Bupati Sekadau, Subandrio yang mengatakan pihaknya akan segera melakukan rapat kerja untuk merumuskan langkah-langkah memaksimalkan penanganan Covid-19 di Sekadau.(tmB)