Description

Geospasial Efektifkan APBD dan Perencanaan Pembangunan

Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Usman saat launching geoportal dan webgis
Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Usman saat launching geoportal dan webgis

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Pemkab Kubu Raya mulai melakukan pendataan seluruh sektor berbasis geospasial. Pendataan ini kemudian diinput di geoportal dan webgis.

Keduanya merupakan sistem website layanan publik yang terintegrasi untuk berbagi pakai data dan informasi geospasial tematik yang dibentuk melalui simpul jaringan informasi geospasial.

“Kami menyambut baik adanya geospasial ini karena akan mengefektifkan APBD dan perencanaan pembangunan di Kubu Raya lebih baik,” kata Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Usman saat launching geoportal dan webgis, Rabu (17/3).

Baca Juga:

Selama ini sambung Usman, setiap SKPD memiliki data berbeda. Sehingga hasilnya tidak sinkron dalam melaksanakan pembangunan.

“Hasil dari kami beda nanti dari SKPD atau BPS juga beda. Sehingga hasilnya tidak sinkron dalam pelaksanaan program pembangunan karena ini juga berdampak terhadap penganggaran di APBD,” terangnya.

Usman berharap dengan adanya jaringan informasi geospasial dapat menjadikan semuanya satu data dan tidak adanya lagi terjadi perbedaan pendapat mengenai data.

“Dan kita semua bisa satu persepsi tidak ada lagi perbedaan pendapat terkait data ini,” ujarnya.(rob)