Bupati Kubu Raya saat membuka Musrenbang Perempuan, Anak dan Penyandang Disabilitas yang merupakan musrenbang pertama kali di Kalbar
Bupati Kubu Raya saat membuka Musrenbang Perempuan, Anak dan Penyandang Disabilitas yang merupakan musrenbang pertama kali di Kalbar. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Pemkab Kubu Raya menggelar Musrenbang, Anak dan Penyandang Disabilitas, Rabu (24/2). Musrenbang ini diklaim sebagai yang pertama di Kalbar.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan musrenbang ini untuk mengakomodir berbagai usulan kaum perempuan, anak dan penyandang disabilitas.

“Dengan musrenbang ini bisa kita akomodir dan rangkul ide-ide maupun gagasan, supaya ada ruang dan ini nanti bisa menjadi fokus kita bersama-sama mengambil langkah dan kebijakan yang tepat,” jelas Muda.

Muda sebutkan hal ini tak terlepas dari misi kelimanya yakni penguatan pemberdayaan perempuan dan kemandirian rumah tangga.

“Kita sadar kita butuh isu-isu gender, anak dan penyandang disabilitas. Ketika ini terus digaungkan dan dikepung sana-sini ada alurnya, ada haknya dan ada kewajibannya,” tuturnya.

Terkait kekerasan terhadap anak, Muda menyatakan pihaknya memberikan bebagai edukasi kepada masyarakat dalam berbagai kesempatan untuk mengantisipasinya.

Baca Juga:

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Kubu Raya, Dyah Tut Wuri Handayani mengatakan lewat musrenbang ini untuk perencanaan terhadap penguatan perempuan, anak dan penyandang disabilitas.

“Jadi mensinkronisasikan program di setiap SKPD dan masyarakat di bidang pemberdayaan untuk diajukan di Musrenbang RKPD Kabupaten tahun 2022,” jelasnya.

Konsep utamanya disebutkan Dyah yakni pengarustamaan gender, perhatian terhadap anak maupun penyandang disabilitas.(tmB)