Wali kota Pontianak melantik para pejabat eselon II, III dan IV yang disumpah diatas kitab suci.
Wali kota Pontianak melantik para pejabat eselon II, III dan IV yang disumpah diatas kitab suci. Foto: ist

Pontianak, BerkatnewsTV. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono
menekankan kepada pejabat yang baru dilantik untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai tugas pokok dan fungsi.

“Pejabat saling berkoordinasi terkait perkembangan yang terjadi di lapangan. Pejabat harus peka, berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tegasnya.

Penegasan itu disampaikan Edi disela melantik 13 pejabat eselon dua, Selasa (19/1).

Dari jumlah itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Firayanta dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Derry Gunawan adalah hasil open bidding. Sementara 11 pejabat eselon dua lainnya dirotasi.

Edi mengatakan, kedua pejabat eselon dua hasil dari seleksi open bidding itu dilantik berdasarkan rekomendasi dari KASN yang diusulkan oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel).

Hasil ini melalui proses yang cukup panjang untuk mengisi jabatan yang kosong melalui proses seleksi dan mengambil ranking pertama.

“Jadi harus atas persetujuan dan rekomendasi dari KASN, setelah ada rekomendasi baru kita lakukan pelantikan,” katanya.

Baca Juga:

Sedangkan pejabat yang dirotasi merupakan hasil dari seleksi job fit. Hal ini sudah sesuai prosedur sesuai Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN.

Edi menyebut, tidak menutup kemungkinan ke depan akan dilakukan job fit kembali.

“Termasuk kita akan melakukan seleksi untuk pejabat eselon dua yakni Kesbangpol, Tenaga Kerja dan pejabat yang pensiun. Jadi roda organisasi harus tetap berjalan,” tuturnya.

Wali Kota juga melantik Pejabat Administrator setingkat eselon tiga sebanyak 18 orang dan Pejabat Pengawas setingkat eselon empat sebanyak dua orang.

Adapun nama-nama pejabat setingkat eselon dua yang dilantik adalah Kepala Dinas PUPR Firayanta, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Derry Gunawan, Kepala Dinas Sosial Darmanelly, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Junaidi.

Kepala Dinas Porapar Syarif Saleh, Kepala BPBD Haryadi S Triwibowo, Kepala Satpol PP Syarifah Adriana, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, PPPA Multi Juto Bhatarendro.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Saptiko, Kepala Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP Tinorma Butar Butar, Kepala BKPSDM Yuni Rosdiah, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pembangunan Aswin Djafar dan Asisten Administrasi Umum Hidayati.(jim)