Description

Sarana CPTS Hindari Covid-19 di 80 Pesantren

Bupati Kubu Raya melihat sarana CPTS yang akan diserahkan kepada pondok pesantren.
Bupati Kubu Raya melihat sarana CPTS yang akan diserahkan kepada pondok pesantren. Foto: Rio

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Sebanyak 80 unit sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dibagikan kepada 80 pondok pesantren di Kabupaten Kubu Raya.

Sarana CPTS ini salah satu bagian protokol kesehatan yang mesti diterapkan para santri yang belajar di pondok pesantren.

“Meskipun di pondok sudah ada tetapi semakin banyak ditempatkan akan makin mudah untuk membiasakan karena yang namanya membangun kebiasaan ini memang harus masif dikepung,” kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Menurutnya, protokol kesehatan harus mulai dijadikan kebiasaan yang melekat. Sehingga diharapkan dapat menjadi pikiran bawah sadar agar selalu terbiasa. Termasuk kebiasaan mencuci tangan memakai sabun, harus dijadikan sebagai budaya.

Baca Juga:

“Sehingga ketika ada pandemi seperti sekarang, misalnya, kita sudah tidak panik,” sebutnya.

80 unit sarana CPTS tersebut diserahkan Muda pada Kamis (3/12) secara simbolis kepada perwakilan penerima dari pondok pesantren.

Ia menilai meski tampak sederhana bahkan sepele, mencuci tangan memakai sabun adalah perilaku yang harus dimasifkan. Karena itu, dirinya berharap sarana CTPS dapat dijaga dan difungsikan sebagaimana mestinya.

“Mudah-mudahan nanti selalu bisa terawat dan airnya diisi terus. Sambil kita juga memperkuat sanitasi masyarakat lainnya seperti sumur bor dan sebagainya. Kita berusaha terus perkuat supaya pola hidup sehat masyarakat semakin baik,” harapnya. (rob)